PHRI Sumsel optimistis kunjungan wisatawan asing meningkat

id kunjungan wisatawan, phri, phri sumsel, wisatawan asing, turis, wisman, jumlah kunjungan wisatawan

PHRI Sumsel optimistis kunjungan wisatawan asing meningkat

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Menghadapi Asian Games 2018, jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah ini menunjukkan tren peningkatan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan optimistis jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah tersebut pada tahun ini meningkat.

"Menghadapi Asian Games 2018, jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah ini menunjukkan tren peningkatan, kondisi ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menyiapkan fasilitas yang dapat memberikan kesan positif kepada wisatawan itu," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, kunjungan wisatawan asing di provinsi itu masih bisa ditingkatkan karena daerah setempat memiliki cukup banyak objek wisata yang menarik, baik wisata alam, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu rata-rata setiap tahun 40 ribu orang.

Jumlah kunjungan wisatawan asing itu akan terus ditingkatkan dengan membantu pemerintah daerah mempromosikan objek wisata unggulan masing-masing daerah Sumsel ke berbagai negara potensial pasar wisata melalui biro perjalanan wisata, hotel, restoran mitra PHRI.

Dia menjelaskan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games itu, perlu digalakkan untuk mendukung program pemerintah meningkatkan pendapatan negara/devisa dari sektor pariwisata,

"Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke daerah ini antara lain meningkatkan kerja sama dengan biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di luar negeri" ujarnya.

Melalui berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran makin cerah.

Selain itu, diharapkan makin banyak investor tertarik mengembangkan sektor kepariwisataan di provinsi itu.