Liga sepak bola pelajar dimulai dari Sumut

id Sepak Bola, Kemenpora, Piala Menpora, Raden Isnanta, Liga Sepak Bola Pelajar

Ilustrasi Pertandingna sepak bola pelajar.(Antarasumsel.com/Feny Selly/16)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Liga Sepak Bola Pelajar 2017 yang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mulai digulirkan dan kota yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan kick off perdana adalah Kisaran, kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan data yang diterima media dari Kemenpora di Jakarta, Kamis, kejuaraan yang memperebutkan Piala Menpora ini dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta di Stadion Mutiara, Kisaran, Asahan. Kick off sendiri ditandai dengan tendangan penalti.

"Kick off di kota Kisaran merupakan awal digulirkannya Liga Sepak Bola Pelajar U-14 dan U-16 seri kabupaten/kota. Animo masyarakat di sini untuk mendukung program ini juga luar biasa. Semua stakeholder juga bahu membahu mensukseskan program ini," kata Raden Isnanta dalam keterangannya.

Menurut dia, Liga Sepak Bola Pelajar 2017 merupakan salah satu media untuk melahirkan bibit unggul sepak bola Indonesia. Pihak Kemenpora juga mengakui jika lewat kegiatan ini banyak pemain muda yang muncul sehingga bisa mensuplai pemain ke timnas U-16.

Pada kejuaraan ini, Kemenpora juga melakukan sinergi dengan PSSI. Bahkan pada kick off Liga Sepak Bola Pelajar 2017 di Kisaran juga dihadiri oleh Direktur Usia Muda PSSI Ricky Yakobi. Hal ini menunjukkan sebuah keseriusan dalam menggunakan kejuaraan ini sebagai media untuk mencari bibit pemain handal.

"Untuk itu kami mengajak 371 kabupaten/kota lain yang sudah mendaftar untuk memulai memaksimalkan sinergi dengan seluruh stakeholder di daerah masing-masing. Sementara yang belum terlibat tahun ini diharapkan bisa terlibat di tahun mendatang," kata Raden Isnanta.

Liga Sepak Bola Pelajar 2017 diawali dengan pertandingan antara PS Bakrie Asahan melawan Putra Tanjung , Tanjung Balai. Selain itu juga digelar pertandingan persahabatan antara timnas pelajar U-16 binaan Kemenpora yang dipersiapkan untuk Gothia Cup 2017 melawan PS Asahan U-15 plus.

Terkait dengan pelaksanaan, Kemenpora juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pihak Kabupaten Asahan. Apalagi, Liga Sepak Bola Pelajar di Asahan melibatkan peserta dari 25 kecamatan yang ada.

"Persiapan panitia cukup bagus. Begitu juga dengan antusias masyarakan untuk mendukung kegiatan ini. Ini menunjukkan jika pembinaan sepak bola terutama di Asahan berjalan dengan baik," kata Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora, Arifin Majid.

Hasil dari Liga Sepak Bola Pelajar di kabupaten/kota ini selanjutnya berhak maju ke putaran final tingkat provinsi. Selanjutnya juara tingkat provinsi berhak melaju ke putaran final nasional. Dan pertandingan puncak kejuaraan ini bakal digelar di Magelang, Jawa Tengah bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar