Rabu, 18 Oktober 2017

Kekuatan jalan Bangka Tengah untuk enam ton

id jalan, peraikan jalan, kekuatan jalan, Bangka Tengah, pabrik CPO, CV Mutiara Alam Lestari
Kekuatan jalan Bangka Tengah untuk enam ton
Ilustrasi .(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)
Koba (Antarasumsle.com) - Kekuatan jalan di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya mampu untuk kendaraan yang bertonase maksimal enam ton.

"Kekuatan jalan kita terbatas, hanya untuk kendaraan tonase enam ton, sementara banyak kendaraan melebihi dari kapasitas," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Hassan Basri di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini banyak truk terutama yang mengangkut kelapa sawit dengan muatan mencapai 12 ton lebih dan itu melebihi muatan untuk ukuran jalan di Bangka Tengah.

"Secara nasional kekuatan jalan hanya untuk 8,6 ton, kita masih di bawah nasional makanya kami mengingatkan truk yang mengangkut kelapa sawit untuk tidak melebihi muatan," katanya.

Di Bangka Tengah terdapat dua pabrik CPO yang beroperasi, yakni CV Mutiara Alam Lestari (MAL) di Kota Koba dan PT SNS (Swarna Nusa Sentosa) di Desa Kemingking Kecamatan Sungaiselan.

"Saya mengizinkan enam ton untuk tonase maksimalnya, tapi dari pertemuan kami bersama Komisi III DPRD dan pihak pabrik pada pekan kemarin justru pihak pabrik meminta pihak DO (Delivery Order) tonase maksimal delapan ton," ujarnya.

Pihaknya tidak setuju karena standar minimal kualitas jalan belum memenuhi dan jika dipaksakan maka jalan terancam rusak.

"Kalau jalan sudah rusak, biaya perawatannya sangat besar. Makanya kami minta kontribusi pihak perusahaan sawit dengan tidak memuat kendaraan melebihi beban," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga