Petugas Rutan-Polres Pagaralam kejar tahanan kabur

id tahanan kabur, tahana bobol terali besi,;lapas, rutan, rutan over kapsitas, kelebihan penghuni

Ilustrasi (ANTARA FOTO/David Muharmansyah16)

...Petugas masih berupaya melakukan pengejaran ke sejumlah lokasi yang kemungkinan dijadikan tempat palarian Sipriansya dan Junariansyah, dua tahanan kasus pencurian kendaraan bermotor itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Petugas Rumah Tahanan Negara bersama Polres Pagaralam berupaya melakukan pengejaran terhadap dua tahanan yang berhasil membobol terali besi tahanan dan melarikan diri pada Senin dini hari.

"Petugas masih berupaya melakukan pengejaran ke sejumlah lokasi yang kemungkinan dijadikan tempat palarian Sipriansya dan Junariansyah, dua tahanan kasus pencurian kendaraan bermotor itu," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Sudirman, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, pada saat kejadian itu ada lima tahanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pagaralam melarikan diri pada Senin (15/5) sekitar pukul 01.00 WIB dengan cara merusak terali besi ruang tahanan.

Namun upaya kabur tahanan itu cepat diketahui petugas sehingga ketika akan melompati pagar pengaman Rutan, tiga di antaranya berhasil diamankan petugas.

Tiga tahanan yang tidak sempat kabur, sekarang ini kembali dimasukkan ke dalam tahanan dan untuk mencegah aksi serupa terjadi kembali pihaknya berupaya melakukan pengawasan lebih ketat lagi.

Untuk mendapatkan tahanan yang melarikan diri itu, selain melakukan pengejaran bersama anggota Polres setempat, pihaknya mengimbau kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan diri kepada petugas dan mengharapkan bantuan dari masyarakat jika mengetahui keberadaan dua tahanan itu untuk melaporkannya kepada petugas keamanan terdekat, katanya.

Menurut dia, pengawasan dan pengamanan Rutan Pagaralam kurang maksimal karena terbatasnya personel dan jumlah tahanan yang menghuni Rutan tersebut melebihi dari kapasitas ruang yang tersedia.

Petugas yang berjaga di Rutan Pagaralam setiap malamnya tiga orang sementara idealnya dibutuhkan enam petugas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan, kata dia.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar