Timnas diyakini ukir prestasi di kejuaraan AFC

id futsal, Federasi Futsal Indonesia, AFC U-20, PSSI

Timnas diyakini ukir prestasi di kejuaraan AFC

Ilustrasi (Antarasusmsel.com/Feny Selly))

Jakarta (Antarasumsel.com) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federasi Futsal Indonesia (FFI) meyakini tim nasional futsal U-20 Indonesia bisa mengukir prestasi terbaiknya di Kejuaraan AFC U-20 di Thailand, 16-26 Mei 2017.

"Federasi sudah memanggil pelatih dari luar negeri yang pernah menjadi juara. Saya yakin, seperti dikatakan pelatih tadi, anak-anak mampu membawa nama baik bangsa ini di turnamen tersebut," ujar Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dalam penglepasan timnas futsal U-20 ke Thailand, dikutip dari laman resmi PSSI, Jakarta, Jumat.

Adapun pelatih yang dimaksud Edy adalah Victor Hermans, pria asal Belanda yang dikontrak sejak Februari 2017. Vic, sapaannya, pernah membawa timnas Thailand lolos dari babak grup Piala Dunia Futsal dan juara empat kali Kejuaraan AFF Futsal.

Sementara Ketua Federasi Futsal Indonesia Hary Tanoesoedibjo menilai timnas bisa lolos dari babak grup dan membuat kejutan karena tim sudah berlatih dan bersiap dengan baik.

"Lawan memang kuat tetapi bukan berarti kami tidak bisa apa-apa. Targetnya lolos dari fase grup dahulu," tutur Hary, akrab disapa HT.

HT pun berjanji akan memberikan bonus kepada timnas futsal jika bisa sampai ke babak semifinal dan final Kejuaraan AFC.

"Kalau lolos ke semifinal mendapatkan bonus Rp200 juta dan final akan dapat Rp300 juta," kata dia.

Di Kejuaraan AFC U-20, Indonesia yang diperkuat 14 pemain bergabung di Grup B bersama Tajikistan, Taiwan dan Jepang.

Timnas Futsal Indonesia U-20 akan meladeni Tajikistan pada laga pembuka Grup B di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Thailand, Selasa (16/5) di laga perdana.

Salah satu punggawa timnas Indonesia Andriansyah Runtuboy menegaskan dia dan rekan tidak akan gentar menghadapi tim-tim kuat dari Asia seperti Jepang. Dia optimistis Indonesia mampu lolos dari Grup B.

"Kami sudah melakukan persiapan dengan baik dengan beberapa kali uji coba. Semoga kami mendapat hasil terbaik dan kami mohon doa serta dukungan masyarakat Indonesia," ujar Runtuboy.