Menteri Lingkungan hidup akan tinjau restorasi Sumsel

id Bonn Challenge, Joko Imam Sentosa, Asia fasifik, tuan rumah, merestori lingkungan dunia, Staf ahli Gubernur, Najib Asmani

Bonn Challenge (Antarasumsel.com/Ist)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dijadwalkan meninjau pelaksanaan restorasi lahan di Desa Sepucuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel, Selasa (9/5).

Pelaksana Tugas Sekda Sumsel Joko Imam Sentosa di Palembang, Senin mengatakan, peninjauan tersebut sehubungan daerah ini manjadi tuan rumah Bonn Challenge atau pertemuan menteri lingkungan hidup Asia fasifik.

Sumsel menjadi tuan rumah pertemuan menteri lingkungan hidup dan sebelum pelaksanaan rapat koordinasi akan melakukan peninjauan lokasi restorasi, kata dia.

Dia mengatakan, peninjauan itu penting mengingat Sumsel banyak terdapat lahan termasuk gambut yang perlu direstorasi.

Selain itu restorasi tersebut sebagai kesepakatan dunia karena hingga 2020 akan restorasi lahan seluas 150 juta ha termasuk diantaranya di wilayah Sumsel, ujar dia.

Menurut dia, oleh karena itu pertemuan menteri lingkungan hidup itu penting karena untuk melestarikan hutan di provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Apalagi Sumsel pernah terjadi kebakaran besar sehingga itu harus dihijaukan kembali, kata Sekda.

Sementara mengenai peserta sendiri, ada 27 negara terutama yang terkait dengan hutan seperti Jerman, serta negara yang peduli hutan lainnya, ujar dia.

Selain negara juga akan hadir lembaga swadaya masyarakat yang komitmen dengan hutan seperti Yayasan Belantara, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit dan GIZ serta ZSL, ujar dia.

Sementara untuk pertemuan atau pembahasan restorasi itu sendiri akan dilaksanakan di Griya Agung Palembang, Sumsel, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar