Pendaftaran SBMPTN diperpanjang hingga 8 mei

id sbmptn, calon mahasiswa baru, pendaftaran perguruan tinggi, Pendaftaran SBMPTN, Ravik Karsidi

Pendaftaran SBMPTN diperpanjang hingga 8 mei

Ilustrasi . (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kabar gembira buat calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena panitia memperpanjang masa pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga 9 Mei pukul 16.00 WIB.

"Pendaftaran SBMPTN yang seharusnya ditutup pada hari ini pukul 22.00, diperpanjang hingga 9 Mei pukul 16.00 WIB," ujar Ketua Panitia SBMPTN, Ravik Karsidi, di Jakarta, Jumat.

Perpanjangan pendaftaran tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar dan terdepan yang memiliki keterbatasan dalam akses internet untuk ikut serta dalam ujian tersebut. Seharusnya pendaftaran SBMPTN berakhir pada 5 Mei pukul 22.00 WIB.

"Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa 9 Mei pukul 16.00 WIB," papar dia.

Data yang masuk ke panitia, jumlah peserta yang sudah cetak kartu sebanyak 745.176 peserta yang terdiri dari 724.389 peserta yang mengikuti ujian berbasis kertas dan 20.787 peserta yang mengikuti ujian berbasis komputer.

"Kami meminta agar peserta yang belum melakukan cetak kartu, agar segera memanfaatkan waktu perpanjangan," imbuh dia.

Selain itu, peserta SBMPTN juga diminta untuk melakukan cek lokasi ujian minimal sehari sebelum ujian dilangsungkan.

Sedangkan untuk peserta yang sudah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk datang secara pribadi (tidak dapat diwakilkan) dan langsung melakukan registrasi di PTN penerima pada 16 Mei pukul 07.00 WIB.

"Diharapkan para siswa yang diterima, agar melihat persyaratan secara cermat di laman situs PTN penerima," harap dia.