Gubernur minta fasilitas rumah tahanan jadi perhatian

id alex Noerdin, rumah tahanan, air bersih, ruangan harus manusiawi, ruangan gelap, lp, tahanan, napi

Gubernur minta fasilitas rumah tahanan jadi perhatian

Gubernur Sumsel Alex .(Antarasumsel.com/Ujang/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta pihak terkait untuk memperhatikan fasilitas rumah tahanan karena masih banyak tidak layak.

"Jadi fasilitas di rumah tahanan harus diperhatikan karena tahanan juga manusia," kata Gubernur Alex Noerdin saat menyerahkan hibah blok hunian warga binaan rumah tahanan kelas I Palembang, Jumat.

Menurut dia, yang perlu diperhatikan antara lain air bersih, ruangan harus manusiawi termasuk peralatan olahraga bagi para narapidana.

Selain itu dipasang TV di ruang pertemuan dan itu perlu menjadi perhatian, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa tahun lalu saat dirinya menjabat Bupati Musi Banyuasin, Sumsel pihaknya pernah mengunjungi rumah tahanan.

Pihaknya pernah mengunjungi rumah tahanan di Sekayu, Musi Banyuasin dimana lembaga pemasyarakat di sana sangat memprihatinkan, kata dia.

Dia mengatakan, ruangan gelap, panas dan jatah air masih - masing tahanan satu botol untuk tiga hari dan pihaknya melakukan perubahan dan itu tidak terjadi lagi.

Gubernur Alex Noerdin mengatakan, memang salah mereka menjadi tahanan, namun mereka harus diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri sebab mereka juga manusia.

Oleh karena itu fasilitas tempat tahanan itu harus diperhatikan sehingga narapidana dapat memperbaiki diri dalam kehidupan dimasa mendatang, kata Gubernur Alex Noerdin.

Dia mengatakan, kebetulan dalam pemberian hibah ini juga hadir Komisaris Utama Bank Sumsel Babel dan mereka bisa menghimpun dana untuk perbaikan fasilitas rumah tahanan.

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel Sudirman D H mengatakan, pihaknya sangat bangga atas bantuan gubernur Sumsel atas hibah gedung tersebut.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga minta kepada pihak PLN dan PDAM supaya tidak terjadi pemadaman dan air tersendat karena itu juga akan mempengaruhi penghuni tahanan.

Apalagi bila listrik mati lebih dari satu jam karena itu bisa saja tahan mencari celah untuk melarikan diri, tambah dia.

Gedung Blok Hunian Warga Binaan Rumah Tahanan kelas 1 Palembang yang dihibahkan terdiri dari dua ruangan dengan ukuran 6x6 meter persegi dan dua ruangan ukuran 6x3 m.