Menkominfo: Pers bertanggung jawab jaga bingkai NKRI

id Rudiantara, pers, cetak, elektronik, menjaga nkri, indonesia, media sosial, konten negatif, hal yang positif, peluncuran buku, Psikologi dan Teknologi

Menkominfo: Pers bertanggung jawab jaga bingkai NKRI

Rudiantara . (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan  insan pers Indonesia bertanggung jawab menjaga keutuhan bingkai NKRI.

Ditemui di sela-sela kegiatan "World Press Freedom Day 2017" (WPFD) di Jakarta, Senin, ia mengemukakan tanggung jawab tersebut sejalan dengan kebebasan pers Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara-negara tetangga.

"Yang menanungi kita hanya Undang-Undang Pers, ini menunjukan pemerintah tidak melakukan intervensi. Tapi pers yang bebas dan berdemokrasi harus diiringi dengan tanggung jawab. Tanggung jawabnya ialah menjaga NKRI," tutur Menteri Rudiantara.

WPFD adalah agenda tahunan yang digagas UNESCO.  WPFD 2017 berfokus pada upaya memperkuat kebebasan dan kualitas jurnalisme, untuk membuat media lebih efektif berkontribusi positif di segala bidang.

Khususnya pada hubungan antar kebebasan berekspresi, keadilan bagi semua kalangan, perdamaian, dan inklusifitas.

Kegiatan yang berlangsung 1-4 Mei 2017 tersebut  dihadiri lebih dari 1.500 peserta jurnalis, dimana 500 di antaranya merupakan jurnalis asing dari 90 negara.

"Selain itu ada juga peserta dari kalangan mahasiswa dan pemuda, mereka mengikuti loka karya. Untuk tahun ini mengusung tema 'Critical Minds for Critical times'," demikian Rudiantara.