Pelaku usaha perikanan pertanyakan kelanjutan program minapolitan

id perikanan, program minapolitan, ikan, pemerintah , Bangka, Bangka Belitung

Pelaku usaha perikanan pertanyakan kelanjutan program minapolitan

Ilustrasi - ikan laut (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sungailiat (Antarasumsel.com) - Pelaku usaha perikanan tangkap di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempertanyakan perihal kelanjutan program minapolitan kepada pemerintah setempat.

"Semula program minapolitan yang sebelumnya pernah dicanangkan Menteri Kelautan dan Perikanan diharapkan mampu terwujud sesuai harapan, namun faktanya sekarang terhenti tanpa ada kepastian," kata seorang pengusaha perikanan, M Ali di Sungailiat, Sabtu.

Menurut dia, dilihat dari konsep rencana induk diketahui program minapolitan di salah satu kawasan perikanan itu akan memberikan dampak yang cukup besar bagi pengembangan sektor perikanan.

"Sebelumnya pelaku usaha perikanan berharap program minapolitan yang dikembangkan secara terpadu berbasis perikanan wilayah ini akan mampu mendorong penerapan manajemen serta meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya perikanan," katanya.

Apalagi program tersebut merupakan integrasi dalam pemenuhan kebutuhan sarana produksi, proses produksi, pengolahan dan pemasaran hasil serta pengelolaan lingkungan dalam suatu kesisteman yang mapan.

Dia berharap pemerintah daerah menindaklanjuti kembali program tersebut agar terlaksana sesuai rencana awal.

"Pembangunan minapolitan bertujuan sangat baik mulai dari menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian ekomoni kecil dan berskala mikro serta menjadikan sektor keluatan dan perikanan sebagai penggerak ekonomi regional," ujarnya.

Menurut M Ali, sektor keluatan dan perikanan menjadi salah satu sektor daerah yang masih perlu penanganan serius dari semua pemangku kepentingan.