Dinas PMD gelar pelatihan sistem keuangan desa

id Ahmad Firdaus, keuangan desa, Aset Daerah, Inspektorat, PMD, Polres, Kejaksaan, Badan Pengawasan Keuangan

Baturaja (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar pelatihan sistem keuangan desa untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan kepada perangkat desa.

"Pelatihan Sistem Keuangan Desa bagi aparatur pemerintah desa Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dilaksanakan pada 17 April-11 Mei 2017," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU Ahmad Firdaus didampingi Kasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Alex Tarmizi saat pembukaan acara itu di Baturaja, Senin.

Dikatakan Firdaus, pelatihan tersebut dibagi menjadi tujuh angkatan diikuti masing-masing sebanyak 40 peserta yang saat ini menjabat sebagai sekretaris serta operator di 20 desa se kecamatan di Kabupaten OKU.

Sementara, kata dia, narasumbernya serta instruktur pelatihan berasal dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat, PMD, Polres, Kejaksaan, Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan termasuk juga tenaga ahli pendamping desa wilayah setempat ikut berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut dia, pelatihan dilaksanakan bertujuan agar para peserta memahami aturan dalam mengelola keuangan desa dan memiliki keterampilan mengoperasikan aplikasi sistem keuangan desa.

"Kalau sudah memahami apa yang diarahkan oleh narasumber, tentunya peserta juga mengerti tentang cara pengelolaan keuangan desa agar dapat terlaksana secara transparan, akuntabel, partisipatif dan tertib," katanya.

Dengan demikian perencanaan dan penganggaran keuangan desa dapat terlaksana dengan baik sekaligus memudahkan para peserta pelatihan melaksanakan evaluasi, pengawasan serta pembinaan dalam mengelola anggaran desa.

Ia berharap melalui kegiatan itu pelaporan dan Pertanggung jawaban keuangan desa dapat terlaksana sesuai aturan.***3**

(T.M033/C/N002/N002) 17-04-2017 20:19:22