Bio Paulin masih latihan terpisah

id Bio Paulin, Manajemen Sriwijaya, Achmad Haris, dokter tim, Maulana, proses penyembuhan, Sriwijaya FC, Nasrun Umar

Bio Paulin masih latihan terpisah

Pemain Sriwijaya FC Bio Paulin. (ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemain belakang Sriwijaya FC Bio Paulin hingga kini masih latihan terpisah dari rekan-rekannya, karena kondisi cedera yang belum pulih.

Pelatih Sriwijaya FC Osvaldo Lessa di Palembang, Selasa, mengatakan, Bio dipastikan belum dapat diturunkan pada laga perdana klub pada ajang Liga 1 Indonesia melawan PS TNI, 17 April mendatang.

"Susah menjawabnya apakah Bio bisa diturunkan karena kasusnya operasi. Bisa satu bulan lagi, bisa lebih. Saat ini dia sudah lewat tiga minggu setelah operasi," kata Lessa.

Pelatih asal Brazil mengatakan dalam satu minggu ke depan, Bio harus lebih banyak latihan fitnes. Lalu setelahnya dilanjutkan dengan latihan lari di pasar.

"Bio harus banyak latihan dulu, setelah itu akan dilihat lagi perkembangannya," kata dia.

Menurut Lessa, progres pemulihan cedera itu sangat tergantung dengan atlet sendiri sehingga setiap kasus tidak dapat disamaratakan.

"Bio bisa dua minggu lagi gabung tim, tapi ini sangat individu sekali. Apakah dia sudah siap, saya tidak bisa bicara saat ini tapi akan melihat kondisi terakhirnya," kata dia.

Ia tidak menampik bahwa pemain naturalisasi asal Kamerun itu membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan karena mengalami cedera robek selaput lutut (meniscus) yang kemudian diputuskan untuk dioperasi.

Cedera itu dialami mantan pemain Persipura ini pada 19 Februari 2017 saat menghadapi Pusamania Borneo di Piala Presiden, atau tepatnya saat kali pertama berseragam "Laskar Wong Kito", julukan Sriwijaya FC.

Pada latihan tim, Senin (10/4) sore, Bio tampak latihan terpisah dengan melakukan jogging mengelilingi lapangan. Ia juga didampingi pelatih fisik melakukan latihan stretching untuk penguatan otot kaki.

Selain Bio Paulin, Sriwijaya FC juga masih dihadapkan persoalan serupa yang menimpa Ichsan Kurniawan dan Ahmad Maulana. Keduanya juga masih latihan terpisah dari pemain lainnya.

Namun, khusus kedua pemain ini, Lessa menggaransi tak berapa lama lagi akan diturunkan.

"Ichsan dan Maulana sudah jauh lebih baik, saat ini keduanya sudah latihan passing dan kecepatan. Tapi jika ingin diturunkan tentu tidak bisa langsung 90 menit, tapi bertahap bisa 15 menit dulu kemudian 20 menit dan seterusnya," kata Lessa.