Wapres tanyakan kesiapan tes sarana Asian Games

id Jusuf Kalla, Erick Thohir, Alex Noerdin, Imam Nahrawi, kesiapan olahraga, ASian games, sarana olah raga

Wapres tanyakan kesiapan tes sarana Asian Games

Jusuf Kalla (kedua kiri) meninjau perluasan arena menembak di Jakabaring Sport City (JSC) (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17) ()

Palembang (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanyakan kesiapan sarana olah raga untuk tes atau uji coba Asian Games 2018 di Palembang, September 2017.

"'Test event' September, bisa?" tanya Wapres di lokasi proyek Perpanjangan Venue Dayung Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

Pertanyaan tersebut disampaikan Wapres setelah mendengarkan penjelasan Kepala Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 1 Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Eki Arsita Rizki tentang perkembangan proyek Perpanjangan Venue Dayung di Sport City Jakabaring.

Menjawab pertanyaan tersebut,  Eki mengaku opitimistis sarana dayung akan dapat digunakan pada saat uji coba September, meskipun tenggat kontrak pada 31 Desember 2017.

"Bisa. Yang kami dorong menara finis dan yang lain dapat mengikuti," kata dia.

Menurut Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto yang turut serta dalam rombongan ke Palembang, uji coba yang dimaksud merupakan tes fisik infrastruktur, bukan uji coba pertandingan.

"Kalau uji coba pertandingan resmi akan dilakukan November 2017, pesertanya 15 negara," kata dia.

Gatot menambahkan, temuan-temuan dari tinjauan Wapres ke sarana Asian Games di Kompleks Olahraga Jakabaring akan dibahas dalam rapat di Griya Agung Palembang bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Erick Thohir, dan Gubernur Sulawesi Selatan Alex Noerdin beserta jajarannya.