Padang perkuat pelayanan pengaduan masyarakat secara daring

id padang, pelayanan masyarakat, Pelayanan Publik Nasional, bimbingan teknis, Asnel, Pengaduan Online Rakyat, Layanan Aplikasi

Ilustrasi Pengunjung berada di depan Istana Pagaruyung di Padang. (FOTO ANTARA/Jafkhairi/11)

Padang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat berkomitmen memperkuat pelayanan tentang pengaduan masyarakat dengan sistem dalam jaringan melalui penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang akan segera diluncurkan.

"Pelatihan dan bimbingan teknis telah dilakukan, tinggal aplikasi di kota dalam waktu dekat," kata Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan selama ini di beberapa instansi pihaknya telah menyediakan pelayanan secara dalam jaringan akan tetapi dinilai belum optimal, adanya bimbingan teknis Layanan Aplikasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N bisa meningkatkan kualitasnya.

Melalui pelatihan tersebut kata dia, pelayanan pengaduan masyarakat akan lebih cepat, tepat, tuntas, terkoordinasi namun lebih sederhana dan tidak rumit.

Nantinya seluruh Indonesia akan menerapkannya, tinggal saja bergantung ada sumber daya masing-masing daerah.

"Dengan sistem ini akan menguntungkan dalam pelayanan publik nantinya," ujarnya.

Hal ini kata dia menegaskan adanya sistem komunikasi terbuka dengan masyarakat sehingga potensi konflik dan kecurangan bisa dihindari.

"Dalam waktu dekat segera disosialisasikan dan menggelar pelatihan serupa," ujarnya.

Sementara itu pengamat bidang politik pemerintahan dari Universitas Andalas Dr Asrinaldi mengatakan pelayanan dan menampung aspirasi masyarakat harus jadi fokus pemerintah.

Fokus ini kata dia harus dimulai dari pemerintahan terkecil seperti kelurahan.

Penguatan pelayanan dimulai dari tingkat ini yang bisa mencerminkan kinerja pemerintahan ke tingkat lebih tinggi.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar