Petugas rutan Baturaja Razia kamar narapidana

id rutan, lp, razia lp, lembaga pemayarakatan, Menteri Hukum dan HAM, Hardianto

Petugas rutan Baturaja Razia kamar narapidana

Petugas melakukan razia di Rutan Baturaja (Antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Petugas Rumah Tahanan Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Jumat melakukan razia kamar para narapidana, dalam upaya memberantas segala bentuk penyimpangan khususnya narkoba yang sering terjadi dan bahkan dikendalikan di dalam rutan atau lapas.

Razia gabungan di seluruh kamar Rumah Tahanan (Rutan) itu dipimpin langsung Kepala Rutan Baturaja, Hardianto dan hasilnya petugas menemukan kabel-kabel, charger telepon genggam, sendok, serta peralatan lainnya yang dianggap membahayakan.

Sebanyak 38 orang petugas gabungan langsung dikerahkan, alhamdulillah narkoba tidak ditemukan di rutan ini, kata Hardianto.

Dikatakan Hardianto, sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM, ia menekankan semua elemen rutan wajib melakukan pembenahan melalui razia telepon genggam, narkoba dan pungutan liar.

"Rutan tersebut sudah zero tiga penyakit ini, dipastikan pembinaan akan berjalan dengan baik dan tidak pernah lagi dicap ada pungli," katanya.

Sebelum melaksanakan razia, pihak Rutan Baturaja melaksanakan apel siaga gabungan. Apel yang mengambil tema "Kami Kerja Pasti Barsih Melayani".

Ia berharap, nantinya seluruh pegawai yang ada di ruang lingkup Rutan Baturaja, Rubasan, serta Rutan Martapura dapat menerapkan apa keinginan Menkumham RI.