Pertamina beri pinjaman lunak pengembangan usaha kecil

id Susarwanto, Pertamina, pengembangan usaha kecil, ukm, mitra binaan, peternakan, perikanan, perdagangan

Pertamina berikan pinjaman lunak (Antarasumsel.com/Susilawati/Parni/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pertamina kembali memberikan dana pinjaman lunak melalui program kemitraan dan bina lingkungan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah bagi mitra binaan di wilayah Jambi dan Lampung.

"Pertamina menunjukan komitmen kepeduliannya terhadap perkembangan perekonomian masyarakat melalui penyaluran pinjaman lunak," kata Manager CSR and SMEPP Sumatera bagian Selatan, Susarwanto di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pada hari ini Pertamina juga menandatangani kerja sama tersebut.

Ia mengatakan, sebelumnya Pertamina menyalurkan sekitar Rp9 miliar untuk pengembangan usaha kecil dan menengah di wilayah Sumbagsel. Jumlah ini ditingkatkan pada 2017 menjadi sekitar Rp16 miliar.

Adapun mitra binaan yang diberi bantuan lunak ini bergerak di bidang usaha yang beragam, seperti peternakan, perikanan, perdagangan dan industri kecil, katanya.

Sementara Area Manager Communication and Relation Sumbagsel, M Roby Hervindo menyatakan, melalui program kemitraan dan bina lingkungan, Pertamina secara berkelanjutan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat kecil.

"Pengembalian pinjaman lunak dari mitra kemudian digunakan Pertamina untuk mengembangkan melalui pelatihan dan pameran," ujarnya.

Mudi, salah satu mitra binaan dari Lampung Tengah yang memiliki usaha penggemukan sapi mengatakan bahwa kerja sama dengan Pertamina sudah berjalan cukup lama.

Ia merasa terbantu dengan kemitraan bersama Pertamina sehingga usahanya berjalan lancar dan berkembang.

Kini, dirinya memiliki empat ekor sapi yang digemukkan kemudian dijual kepada konsumen sekitar Lampung Tengah.

Ia menyampaikan, kalau dirinya ke depan akan terus mengembangkan dan meningkatkan usahanya.

Selain itu, Ico Ordiana, mitra binaan dari Kota Jambi merupakan pengusaha olah makanan dari produk perikanan. Usaha kecil yang dirintisnya sejak 2006 ini mengolah daging ikan menjadi produk makanan seperti abon, bakso, nugget, sosis dan kerupuk.

Usaha kecilnya itu didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam bentuk inkubator bisnis.

Sementara untuk memasarkan produknya melalui toko-toko di Jambi serta pemasaran di dunia maya.

Pada tahun ini merupakan awal kerja samanya dengan Pertamina untuk mengembangkan usahanya memenuhi permintaan konsumen yang semakin banyak.

"Mitra binaan ini akan terus kami rangkul dan dikenalkan kepada masyarakat luas. Untuk itu Pertamina membutuhkan dukungan dan kerja sama yang baik dari para penerima manfaat," kata Roby menambahkan.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar