Menkopolhukam-Wapres India bahas "cyber security"

id Wiranto, Menkopolhukam, cyber security, keamanan dunia maya, Wakil Presiden, India, Mohammad Hamid Ansari

Wiranto (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto secara khusus membahas masalah cyber security (keamanan dunia maya) dengan Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari di India, Selasa (14/3).      
Keterangan pers dari Humas Menkopolhukam yang diterima Antara di
Jakarta, Rabu, menyebutkan, pembicaraan Wiranto dengan Hamid Ansari itu berlangsung di Kantor Wakil Presiden India di New Delhi.    
Dalam pembicaraan tersebut, kedua tokoh itu sepakat bahwa permasalahan dunia maya merupakan ancaman bagi semua industri di setiap negara, sebab ancaman besar bisa datang kapan saja, baik pada industri perbankan, migas, media maupun militer bahkan pemerintah.      
Pada kesempatan itu Wiranto yang juga menjadi pembicara dalam Counter Terrorism Conference (konferensi kontra terorisme) 2017 pada hari yang sama di India mengungkapkan,salah satu isu penting yang kini sedang menjadi perhatian Pemerintah Indonesia adalah permasalahan keamanan dunia maya.

"Sebagai salah satu isu yang baru, keamanan dunia maya merupakan isu yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Kami ingin bertukar pengetahuan dengan India yang tentunya telah memiliki pengalaman dalam menghadapi permasalahan cyber security," katanya.        
Berkaitan dengan persoalan terorisme, ia mengemukakan bahwa Indonesia sebagai negara Muslim terbesar telah memiliki kemampuan dan pengalaman untuk mengatasi masalah itu.        
Menkopolhukam juga membeberkan kepada negara-negara lain dalam konferensi tersebut hal-hal mengenai bagaimana upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam menangani terorisme.  
Sementara itu Wakil Presiden India mengatakan bahwa apa yang sedang dihadapi oleh Indonesia juga merupakan suatu permasalahan yang sedang dihadapi oleh India.  
"India dan Indonesia memiliki banyak kemiripan dalam menghadapi masalah yang sama. Tentu saja India dan
Indonesia harus bekerjasama dengan erat dan praktikal, tidak hanya sekedar menyampaikan persoalan saja," ujarnya.

Menurut Hamid Ansari, ke depan harus ada dialog komprehensif antara India dan Indonesia untuk membahas permasalahan keamanan, karena masalah ini sekarang telah berkembang menjadi persoalan
transnasional.  
Selain Wapres India, Wiranto juga menemui Menteri Negara Urusan Dalam Negeri India, Kiren Rijuju. Dalam pertemuan itu Wiranto dan Kiren membahas hubungan antara Indonesia dan India yang diharapkan dapat memasuki kerja sama di bidang pertahanan, khususnya dalam melawan terorisme.

Dalam pertemuan tersebut Wiranto didampingi oleh Deputi II Menkopolhukam Litfi Rauf dan Kepala Biro Umum Menkopolhukam Khairul Alam.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar