Dinsos Sumsel galakkan pembinaan anak telantar

id dinsos susmel, anak terlantar, pembinaan anak terlantar, pembinaan, sosial

Dinsos Sumsel galakkan pembinaan anak telantar

Anak terlantar di salah satu sudut Kota Palembang.(Foto Antarasumsel.com/17/Evan Ervani)

...Kegiatan pembinaan itu perlu digalakkan guna mencegah timbulnya berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan pada 2017 ini berupaya menggalakkan kegiatan pembinaan terhadap anak telantar atau anak-anak yang memiliki masalah sosial.

Kegiatan pembinaan itu perlu digalakkan guna mencegah timbulnya berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat, kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk menggalakkan kegiatan pembinaan anak telantar, pihaknya telah menyiapkan sejumlah panti rehabilitasi sosial untuk membina mereka.

Anak telantar sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh dibiarkan tumbuh tanpa pembinaan yang baik karena bisa menimbulkan permasalahan sosial bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Melalui panti rehabilitas akan dilakukan pembinaan terhadap anak telantar seperti pelatihan keterampilan tertentu sesuai minat dan bakatnya sehingga mampu hidup mandiri, katanya.

Menurut dia, dengan pembinaan tersebut diharapkan anak telantar bisa dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat dan memanfaatkan potensi dirinya melakukan kegiatan yang dapat memberikan penghasilan untuk biaya hidup yang layak serta bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungannya.

Kegiatan pembinaan yang telah berjalan dengan baik selama ini, diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak yang memiliki kepedulian yang besar terhadap anak-anak yang mengalami masalah sosial itu.

Melalui kegiatan tersebut dan adanya dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, diharapkan program pembinaan tersebut dapat lebih baik dan mampu memotivasi mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus harapan bangsa, kata Belman.