Kawasan pejalan kaki Palembang dipercantik sambut AG

id Harnojoyo, Asian games, Kawasan pejalan kaki, Jalan Jenderal Sudirman, menyambut Asian Games, Pasar Cinde, Bundaran Air Mancur

Kawasan pejalan kaki Palembang dipercantik sambut AG

Harnojoyo (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kawasan pejalan kaki di pusat Kota Palembang Jalan Jenderal Sudirman dipercantik pemerintah setempat untuk menyambut Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan, pedistrian di Jalan Sudirman saat ini sedang diperbaiki dengan menelan dana Rp2,5 miliar dari APBN.

"Sepanjang ruas pedestrian Jalan Sudirman banyak mengalami kerusakan. Ini yang sedang diperbaiki mulai dari Pasar Cinde sampai Bundaran Air Mancur," kata dia.

Ia mengatakan, bukan hanya memperbaiki, pemkot juga berupaya mengembalikan fungsi pedestrian sebagai kawasan nyaman bagi pejalan kaki, tetapi juga bisa dijadikan lokasi wisata karena berada di jalan protokol.

"Kami ingin pedestrian ini seperti di Singapura," kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengingatkan Pemkot Palembang untuk memanfaatkan momen terpilihnya kota ini sebagai tuan rumah Asian Games untuk memperbaiki infrastruktur, sarana dan prasarana.

"Kota Palembang harus layak sebagai tuan rumah, untuk itu bukan hanya infrastruktur transfrotasinya yang dimodernkan, tapi juga kotanya harus dihijaukan dan dibersihkan. Ajukan saja ke pusat berapa kebutuhan, asal jelas dan bisa dipertanggungjawabkan pasti dibantu karena Palembang tuan rumah Asian Games," kata Alex.

Ia menilai, jumlah taman kota masih sangat sedikit, demikian juga kawasan pejalan kaki.

"Kota ini harus dipercantik, taman-taman ditata, lampu-lampu hias dipasang, papan-papan reklame harus dirapikan lagi, dan jangan lupa kawasan pejalan kakinya. Kota Palembang harus dibuat cantik dan tidak kalah dengan kota-kota internasional lain di dunia," ujar mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Kota Palembang fokus membangun infrastruktur untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games, di antaranya, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan layang, underpass, jalan tol, dan kereta api ringan/LRT.***1***

(T.D019/B/M033/M033) 06-03-2017 16:30:53