DPRD nilai wisata Bangka Tengah kurang tertata

id bangka tengah, anggota dprd bangka, pariwisata, wisatawan, mancanegara, koba, tidak tertata, rapi

DPRD nilai wisata Bangka Tengah kurang tertata

Ilustrasi- objek wisata pantai.(ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Koba (Antarasumsel.com) - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maryam menilai sejumlah objek wisata di daerah itu kurang tertata dengan baik sehingga belum mampu menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

"Kelemahan objek wisata daerah ini yaitu masih perlu penataan dan peningkatan fasilitas pendukung, kalau panorama alamnya sudah bagus," katanya di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, ke depan harus dilakukan inventarisasi terhadap beberapa objek wisata dan mana yang harus menjadi skala prioritas untuk dijadikan destinasi wisata utama.

"Sebenarnya Bangka Tengah ini secara gegrafis sangat strategis karena lebih dekat dengan Kota Pangkalpinang yang akses transportasinya lebih mudah, namun harus didukung oleh potensi wisata yang menarik dan layak jual," ujarnya.

Ia mengatakan, pengembangan kawasan wisata memang membutuhkan waktu yang lebih panjang dan melibatkan lintas sektor karena saling keterkaitan.

"Tidak perlu berpikir bagaimana melakukan promosi besar-besaran, apa adanya saja yang penting lebih ditingkatkan intensitasnya," ujarnya.

Kemudian, harus jelas potensi wisata apa yang menjadi ciri khas di daerah ini sehingga para wisatawan bisa memilih.

"Misalnya kalau ke Belitung mungkin mengedepankan kawasan pantai, Bangka Barat objek wisata sejarah maka Bangka Tengah harus melirik potensi yang berbeda dari objek wisata itu," ujarnya.