Kunjungna Raja Arab positif tingkatkan wisman

id turis, wisman, arab saudi, kunjungan turis, Pengamat Pariwisata, Ida Bagus Lolec Surakusuma

Kunjungna Raja Arab positif tingkatkan wisman

Wisatawan dari luar negeri. (ANTARA/Nyoman Budhiana/Ang)

Denpasar (Antarasumsel.com) - Pengamat Pariwisata Ida Bagus Lolec Surakusuma  menilai, kunjungan Raja Arab  Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud  ke Indonesia khususnya Bali akan mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, terutama dari negara Timur Tengah ke Nusantara pada masa mendatang.

"Bagi pariwisata Bali sendiri kunjungan tamu negara itu sangat jelas dampaknya berapa pesawat yang mendarat karena mengangkut rombongan besar sekitar 1.500 orang," kata Ida Bagus  Surakusuma yang juga pelaku pariwisata di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, kunjungan Raja Arab Saudi yang ke dua ke Indonesia setelah 47 tahun dimaknai secara khusus dan pemerintah tentu akan memberikan pelayanan dengan sistem pengamanan secara maksimal.

"Bali dan Indonesia umumnya akan mendapat promosi secara gratis ke mancanegara terhadap kedatangan Raja Arab  Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sekaligus liburannya di Pulau Dewata, 3-9  Maret 2017," ujar Bagus Lolec yang juga Ketua Asosiasi Kongres dan Konvensi Indonesia  (INCCA) Daerah Bali.

Ia menjelaskan, rombongan tamu negara  dalam jumlah besar termasuk sepuluh menteri dan 25 pangeran tentu akan mendapat pelayanan dan pengamanan yang maksimal, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena hal itu akan memberikan citra negatif terhadap Indonesia.

Untuk itu pemerintah, termasuk Pemprov Bali dan seluruh masyarakat dan komponen di daerah ini dapat berperanserta dalam menyukseskan kunjungan negara  Raja Arab  Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Ida Bagus Lolec menilai kunjungan wisatawan dari negara Timur Tengah ke Indonesia, khususnya Bali selama ini masih sangat kecil. Dengan adanya kunjungan  Raja Arab  Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud diharapkan dapat meningkat dimasa-masa mendatang.

Kunjungan  Raja Arab  Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, khususnya Bali dimaknai secara khusus karena Bali selama ini memiliki kekuatan seni budaya yang bernafaskan Hindu.

Kunjungannya ke Bali akan melihat secara langsung keindahan panorama alam Pulau Dewata, keunikan seni budaya yang selama ini memang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Bali sebuah pulau kecil dengan luas 5.632,86 kilometer persegi atau  0,29 persen dari luas daratan Nusantara, memiliki kelengkapan berbagai unsur yakni  empat danau,  tiga gunung, puluhan sungai dan  kawasan hutan yang memanjang dari pesisir barat hingga timur.  
Perpaduan sawah yang berundak-undak, lembah, pesisir pantai  dan  gunung  menjadi satu kesatuan panorama alam yang menambah daya tarik Bali, disamping inovasi dan kreasi manusia Bali dalam melestarikan keunikan seni budaya yang  diwarisi masyarakatnya setempat.

Untuk itu keutuhan dan kelestarian Bali ke depan harus dapat terpelihara dengan baik, jangan sampai terjadi pembangunan fisik yang berlebihan yang pada akhirnya menghilangkan keindahan panorama alam dan tradisi masyarakat setempat.

Dengan demikian Bali yang kondisinya yang tidak begitu luas jangan sampai mengalami pembangunan fisik yang berlebihan, yang dapat menghilangkan daya tarik bagi wisatawan, harap Ida Bagus Lolec.