Dinas Sosial Sumsel latih keterampilan penyandang cacat

id disabilitas, penyandnag cacat, pembinaan penyandang cacat, dinsos sumsel, berikan pelatihan, latih keterampilan

Dinas Sosial Sumsel latih keterampilan penyandang cacat

Penyandang disabilitas, Adit, mencoba kursi roda bantuan miliknya usai menerima bantuan usai pelaksanaan unit pelayanan sosial keliling bagi disabilitas di kantor camat Ilir Barat I Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

...Pelatihan untuk para penyandang disabilitas itu dilakukan dengan mengoptimalkan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) agar memotivasi mereka berkreasi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan melatih keterampilan penyandang cacat atau kaum disabilitas pada 17 kabupaten dan kota di daerah ini, agar menjadi produktif walaupun memiliki keterbatasan kemampuan fisik.

Pelatihan untuk para penyandang disabilitas itu dilakukan dengan mengoptimalkan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) agar memotivasi masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik berkreasi dan mendapatkan pelatihan keterampilan sesuai dengan kondisi fisik mereka, kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dengan optimalisasi peran UPSK itu, diharapkan dapat mendorong masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik (disabilitas) untuk berkreasi dan memiliki keterampilan sesuai dengan kondisi mereka.

Pada tahun ini, pihaknya berupaya meningkatkan kegiatan UPSK itu dengan mengunjungi suatu daerah hingga pelosok desa yang banyak warganya penyandang disabilitas.

Kegiatan itu diharapkan dapat mendorong para penyandang cacat mampu mandiri, bersemangat, serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, katanya lagi.

Selain itu, diharapkan mereka merasa mendapatkan perhatian dan keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, sekaligus UPSK dapat menunjukkan kontribusi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial, kata dia pula.

Ia menjelaskan, untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan UPSK di kabupaten dan kota di Sumsel yang berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu, pihaknya menggandeng Dinas Sosial masing-masing daerah yang dikunjungi.

Berdasarkan hasil kunjungan dan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di Sumsel, secara umum pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan program UPSK karena mereka menilai dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat serta memberikan semangat bagi penyandang cacat, kata Belman pula.