Universitas Jambi ekspose 27 karya hasil penelitian

id Universitas Jambi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, hasil penelitian, pengabdian, Nazarudin

Universitas Jambi ekspose 27 karya hasil penelitian

Universitas Jambi (Foto istimewa)

Jambi (Antarasumsel.com) - Universitas Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), mengekspose sebanyak 27 karya hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Provinsi Jambi yang dilakukan selama tahun 2016.

"Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk diabdikan kepada masyarakat dan juga guna memecahkan masalah kondisi yang dialami masyarakat dari berbagai sektor," kata Ketua Pelaksana Ekspose Hasil Penelitian Nazarudin di Jambi, Kamis.

Seminar dan ekspose hasil penelitian tersebut merupakan seminar pertama untuk tingkat universitas yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof RA Muthalib.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para dosen Universitas Jambi yang juga putra daerah setempat ini menghasilkan sebanyak 27 karya penelitian unggulan dari berbagai fakultas yang terdiri dari Sains Teknologi (Saintek) dan Sosial Kemasyarakatan (Humaniora).

"Dari 27 hasil penelitian itu terdiri dari 20 penelitian di bidang Saintek dan tujuh penelitian lagi di bidang Humaniora. Dana peneltiannya itu berasal dari Kemenristek Dikti," katanya.

Ia mengatakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut nantinya akan bermuara antara lain untuk dijadikan jurnal, baik itu nasional maupun intenasional yang tujuannya adalah untuk sharing atau berbagi ilmu.

"Kemudian bisa juga dipatenkan, karena sesuatu yang sudah dipatenkan itu nantinya hasil penelitiannya juga dapat digunakan untuk kerja sama dengan pihak terkait," katanya menjelaskan.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof RA Muthalib mengapresiasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para dosen dan pengajar di berbagai fakultas di Universitas Jambi.

"Hasil penelitian yang telah terekspose ini nantinya bisa digunakan sebagai bahan ajar dan juga untuk penerbitan jurnal tingkat nasional dan internasional sehingga dapat mengangkat akreditasi pendidikan di Universitas Jambi," katanya.

Ia menekankan bahwa dalam penelitian itu agar jangan sampai ada terjadi pada hal yang tidak murni seperti pelecehan atau plagiat terhadap hasil karya dari penelitian yang telah dilakukan itu.

"Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak murni yang dapat membuat mutu penelitian itu tidak bagus," katanya menambahkan.