Lampung gelar Rembuk tani

id tani, lampung, perhimpuann tani, rembuk tani

Lampung gelar Rembuk tani

Petani menanam bibit padi.(Antarasumsel.com/Feny Selly)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Wilayah Lampung segera menggelar kegiatan rembuk tani.

"Kegiatan ini sebagai wadah atau media untuk mencari solusi bagi permasalahan petani di Provinsi Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Sabtu.

Sutono yang juga Ketua DPW Perhiptani Wilayah Lampung kegiatan rembuk tani juga sebagai  Persiapan Pekan Nasional KTNA 2017.

Ia menjelaskan, pelaksanaan rembuk tani akan dilaksanakan di tiga wilayah regional yang meliputi wilayah Regional A terdiri atas Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus dan Kota Bandarlampung pada 11 Maret 2017.

Wilayah Regional B meliputi Kabupaten Lampung Timur, Tulang Bawang, Tuba Barat, Mesuji dan Kota Metro pelaksanaannya direncanakan pada 18 Maret 2017. Wilayah Regional C meliputi wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat dan Pesisir Barat pada 25 Maret dan tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada 8 April 2017.

Rembuk tani, lanjutnya, akan diisi dengan kegiatan kegiatan yang melibatkan petani secara langsung seperti temu tani yang merupakan sarana silaturahmi diskusi antara pejabat terkait yang berwenang mengenai permasalahan, isu strategis yang dihadapi petani, kegiatan asah terampil yang melibatkan petani/nelayan/peternak perwakilan dari kabupaten dan kota dan kegiatan Pasar Tani yang akan diisi dengan pameran hasil produksi unggulan daerah.

Sekprov Lampung itu menjelaskan rembuk tani bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi seluruh kelompok tani dan penyuluh tani di bawah naungan DPW Perhiptani Provinsi Lampung serta menguji kemampuan, pengetahuan dan keterampilan para petani dalam mewujudkan pertanian yang tangguh di segala bidang baik pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi jawaban dari permasalahan yang dihadapi oleh petani," ujarnya.

Sutono menambahkan Perhiptani Wilayah Lampung akan mengusung pemikiran dan sumbangsih dari Lampung untuk kemajuan petani dan pertanian nasional, pada pelaksanaan Penas KTNA 2017 di Banda Aceh.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar