Pelajar Se-Sumatera berkemah di destinasi Mandeh

id kemah, pelajar, Kemah Persahabatan Anak-Anak Pesisir, objek wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sumbar

Pelajar Se-Sumatera berkemah di destinasi Mandeh

ilustrasi- Perkemahan (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/Ang/17)

Painan, Sumbar (Antarasumsel.com) - Sebanyak 1.470 pelajar dari berbagai provinsi di Sumatera menggelar Kemah Persahabatan Anak-Anak Pesisir (KPAP) II 2017 di objek wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Salah satu penggerak kegiatan yang juga penggiat wisata Sumbar, Imam Hendrawan di Pesisir Selatan, Jumat, mengatakan acara itu melibatkan pelajar dari Sumatera Utara, Bengkulu, Riau dan Sumbar.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut selain memupuk rasa persaudaraan antar pelajar juga sebagai ajang melatih mental masyarakat yang menetap di Mandeh dalam menerima wisatawan.

"Pemerintah saat ini terus gencar mempromosikan Mandeh dan tentu hal itu juga harus didukung mental masyarakat khususnya yang menetap di sana," kata dia.

Ia menyebutkan hal lain yang tidak kalah penting dalam kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan "English Camp" satu hari penuh, tidak hanya melibatkan peserta namun juga masyarakat sekitar.

Selain mendatangkan tenaga profesional pihaknya juga mendatangkan warga negara asing sehingga mempercepat penyerapan ilmu yang diberikan.

Sebelumnya, Pejabat Deputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanudin yang ikut serta membuka acara tersebut pada Kamis (2/1) mendorong kegiatan serupa terus dilaksanakan.

Ia menerangkan kegiatan KPAP bisa memperkuat tali persaudaraan, mempromosikan objek wisata dan yang tidak kalah penting menumbuhkan semangat cinta lingkungan.

Usai melepaskan tukik (anak penyu) dan menanam pohon kelapa sebagai rangkaian pembukaan kegiatan, ia berpesan kepada penyelenggara agar menggelar kegiatan secara berkesinambungan tidak hanya di Sumatera bahkan ke Jawa dan pulau lainnya.

Selain pejabat dari Kementerian Koordinator juga hadir pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, jajaran pejabat Pemprov Sumbar, Pemkab Pesisir Selatan dan tokoh masyarakat setempat.

Sesuai rencana kegiatan KPAP II digelar dari 2 hingga 5 Februari 2017 dengan tema Kreatif, Cerdas, Peduli. Sebelumnya KPAP I juga digelar di tempat yang sama pada 2016.