Pariaman fokus ciptakan generasi muda cinta Al-Quran

id pemuda, alquran, membaca, Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar, menciptakan generasi muda, mencintai, baca, tulis, Al Quran

Pariaman fokus ciptakan generasi muda cinta Al-Quran

Ilustrasi (Antarasumsel.com//Feny Selly)

Pariaman (Antarasumsel.com) - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar menyebutkan pemerintah daerah fokus dan komitmen menciptakan generasi muda yang mencintai baca tulis Al Quran.

"Generasi muda, kami dorong untuk mencintai budaya baca tulis Al Quran dengan mengadakan kegiatan Tahfiz Al Quran di setiap rumah Tahfiz yang ada," katanya di Pariaman, Senin.

Ia menilai dengan mengajarkan anak-anak membaca dan menulis Al Quran, secara tidak langsung mampu membentuk mental dan karakter anak yang Islami.

Selain dapat membentuk karakter positif, kegiatan tersebut dinilai juga berdampak pada jiwa kepemimpinan anak pada masa yang akan datang.

"Insya Allah jika mereka kita latih dan biasakan membaca Al Quran sejak dini, maka mental kepemimpinan muslim mereka akan lahir secara alamiah sehingga memiliki kepribadian yang mapan secara agama dan pengetahuan umum," ujarnya.

Selain itu pemerintah daerah menegaskan kegiatan Tahfiz Al Quran merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menyukseskan program Magrib Mengaji.

"Gerakan magrib mengaji tidak hanya dilakukan oleh anak didik, namun para Aparatur Sipil Negara dan orang tua turut mengawal setiap pelaksanaannya secara langsung," katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan Tahfiz Al Quran di masing-masing rumah Tahfiz merupakan salah satu persiapan dalam rangka menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi pada 2017 yang diadakan di kota itu.

Sementara itu Ketua Pondok pengelola rumah Tahfiz Al Quran Masjid Sabulussalam, Amir Azli, mengatakan kegiatan Tahfiz Al Quran telah dilaksanakan sejak awal Februari 2015.

"Saat ini sudah ada 54 titik program Tahfiz yang terletak di Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman," kata dia.

Untuk terus menyemarakkan generasi muda yang mencintai Al Quran, sebut dia, pihaknya berencana mengadakan lomba Tahfiz se Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman. Ia berharap Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman mampu menjadi pusat Tahfiz Al Quran di provinsi itu.