Kompetisi IBL resmi digulingkan 20 Januari

id ibl, basket, Kompetisi bola basket, Indonesian Basketball League, GOR Kertajaya Surabaya, Jawa Timur, pemain asing

Kompetisi IBL resmi digulingkan 20 Januari

Pertandingan bola basket.(ANTARA FOTO)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kompetisi bola basket tertinggi di Tanah Air yaitu Indonesian Basketball League (IBL) 2017 resmi digulirkan di GOR Kertajaya Surabaya, Jawa Timur, 20 Januari dan ada 11 tim bakal bersaing untuk menjadi terbaik pada kejuaraan yang tahun ini menggunakan pemain asing itu.

Direktur IBL Hasan Gozali di Jakarta, Selasa mengatakan kompetisi tahun ini diakui banyak dilakukan inovasi. Selain semua tim harus menggunakan jasa pemain asing, kompetisi ini juga menggunakan dua divisi yaitu Merah dan Putih. Adapun pertandingannya sendiri bakal digelar sebanyak delapan seri.

"Memang benar. Tahun ini memang banyak inovasi. Dengan kondisi ini kami harapkan rivalitas antartim meningkat. Harapan kami dengan perubahan ini akan melahirkan sebuah kompetisi yang semakin kompetitif dan menghadirkan sebuah pertandingan yang lebih atraktif," katanya di sela jumpa pers pelaksanaan IBL 2017.

Terkait dengan menggunakan sistem pool atau divisi, Hasan Gozali menegaskan hal tersebut dilakukan agar muncul rivalitas baru di antara tim peserta. Dengan sistem ini dinilai persaingan bakal lebih ketat karena semua tim saling berlomba untuk menjadi juara pool yang secara otomatis bakal langsung ke semifinal.

Adapun pembagian poolnya adalah Divisi Merah berisikan sang juara bertahan CLS Knights Surabaya, Satria Muda Pertamina, Bank BJB Garuda Bandung, JNE Siliwangi dan Bima Perkasa Jogja. Sedangkan Divisi Putih berisika Pelita Jaya Negeri Mega Persadam W88.News Aspac Jakarta, Hangtuah Sumsel, Satya Wacana Salatiga, NSH dan Pasific Caesar.

Pada IBL 2017, format pertandingan "home-away" juga kembali dilakukan. Hanya saja pertandingan tersebut berlaku pada babak "play of" hingga final. Adapun tujuan menggunakan format tersebut adalah untuk mengakomodir penonton IBL di setiap serta membangun fanbase masing-masing tim.

"Pertandingan tahun ini semuanya kami lakukan akhir pekan. Hal ini merupakan jawaban atas masukan yang selama ini masuk ke kami. Kini para fans dapat hadir di lapangan tanpa harus terhalang dengan hari kerja. Selain itu, pertandingan juga akan disiarkan langsung oleh televisi partner kami," tutur Hasan Gozali, menambahkan.

Sesuai dengan jadwal yang ada, IBL 2017 bakal berlangsung delapan seri. Pada seri pertama di Surabaya ada 12 pertandingan. Pertandingan perdana akan dibuka antara Satya Wacana Salatiga melawan W88.News Aspac Jakarta. Sedangkan sang juara bertahan CLS Knights bakal berhadapan JNE Siliwangi.

Sementara itu Ketua Umum PB Perbasi Denny Kosasih mengaku sangat mengapresiasi bergulirnya IBL. Ucapan terima kasih kepada sponsor juga langsung disampaikan oleh pengganti Anggito Abimanyu itu. Pihaknya berharap kompetisi yang bakal digelar mulai 20 Januari ini mampu menjadi inspirasi bagi anak-anak di seluruh Indonesia.

"Kompetisi adalah ujung tombak pembinaan prestasi di Indonesia. Harapan kami IBL bisa berjalan dengan baik. Kami ingin kompetisi ini menjadi sebuah kebangkitan perbasketan nasional," katanya saat dikonfirmasi.

Terkait pemain asing, Denny Kosasih berharap bisa memberikan warna lain sehingga kompetisi bisa berjalan lebih menarik dan menjadi perhatian. Kondisi ini dinilai seperti 20 tahun lalu atau saat Kobatama.

Dengan adanya pemain asing diharapkan persaingan bisa lebih ketat dan membuat pemain lokal lebih lebih berani dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Pada IBL 2017 masing-masing tim berhak mendapatkan dua pemain asing. Namun, untuk tim yang sudah mempunyai pemain naturalisasi seperti CLS Knights dan Aspac, pihak panitia hanya memperbolehkan menggunakan jasa satu pemain asing yang sebelumnya disiapkan oleh pihak IBL.