Perusahaan pengelola Transmusi dapat bantuan 39 bus

id transmusi, bantuan bus, perusahaan transmusi dapat bantuan bus

Perusahaan pengelola Transmusi dapat bantuan 39 bus

Bus transmusi(Foto Antarasumsel.com/16/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perusahaan daerah pengelola transportasi massal Kota Palembang Transmusi, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) menerima bantuan 39 unit bus dari Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama PT SP2J Ahmad Nopan di Palembang, Jumat, mengatakan bus ini telah tiba di Palembang dan direncanakan segera dioperasikan.

"Untuk itu, berbagai dokumen terkait bantuan ini segera diselesaikan," kata dia.

Dengan tambahan bus ini, total bus Transmusi mencapai 239 unit atau telah sesuai dengan target mengingat Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Bantuan ini menjadi tantangan tersendiri bagi PT SP2J yakni sedapat mungkin harus meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Dengan begitu, ia melanjutkan, masyarakat diharapkan mau beralih menggunakan alat transfortasi massal dibandingkan kendaraan pribadi.

Selain itu, yang tak kalah penting menurutnya yakni melakukan pembenahan internal di dalam perusahaan agar usaha milik daerah ini dapat meningkatkan laba.

"Perbaikan akan terus dilakukan karena Kota Palembang akan dijadikan kota internasional. Jika moda transportasi massalnya tidak layak maka jangan harap cita-cita ini akan terwujud," kata dia.

Sebelumnya sektor usaha Transmusi ini dinyatakan rugi pada 2014 yang ditandai dengan besaran utang dan sejumlah bus yang rusak. Kemudian, pelayanan ke masyarakat juga menurun dari sebelumnya menggunakan alat pembayaran kartu, berubah kembali ke cara manual.

Kemudian pada 2015 dilakukan perbaikan internal dan pemerintah mendukung dengan memberikan uang puluhan miliar untuk tambahan modal.