Ribuan orang meriahkan marathon bela negara

id marathon, bela negara, lomba lari, maraton

Padang (Antarasumsel.com) - Sekitar lima ribu orang ikut serta dalam lari marathon 10 K yang digelar Kementerian Pertahanan di Kota Padang, Minggu pagi, dalam rangka peringatan Hari Bela Negara 2016.

Para peserta yang turut serta telah berkumpul di depan Kantor Gubernur sejak pukul 06.00 WIB. Marathon 10 K ini diikuti pelajar dan masyarakat umum.

Lomba lari dimulai pukul 08.00 WIB. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Widodo mewakili Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengibarkan bendera start tanda dimulainya lomba lari marathon tersebut. Sebelum dimulai para peserta melaksanakan senam pagi bersama.

Eka, peserta lari 10 K mengatakan dirinya menyambut baik pergelaran lari dalam rangka peringatan Hari Bela Negara. "Tiga tahun lalu ada lomba balap sepeda dalam rangka bela negara juga, saya tidak bisa ikut. Tahun ini lomba lari saya ikut, saya suka lari juga," katanya yang datang ke tempat acara start lomba lari marathon bersama istri dan tiga anaknya.

Ia mengaku motivasi untuk ikut serta lomba marathon 10 K ini untuk menyalurkan hobi olah raga.  
Hadiah yang dipersembahkan pada lari marathon 10 K dalam rangka peringatan Hari Bela Negara kali ini adalah Rp8 juta bagi peserta dari masyarakat umum yang berhasil meraih juara pertama. Sedangkan untuk pelajar juara pertama akan mendapatkan Rp4 juta.

Sementara itu, Hari Bela Negara 2016 dipusatkan di Kota Padang. Rangkaian kegiatan Hari Bela Negara sejak 14 Desember 2016.

Puncak rangkaian acara akan dilaksanakan bertepatan dengan tanggal Hari Bela Negara 19 Desember yang akan diisi upacara dan dimeriahkan dengan drama kolosal peristiwa agresi militer Belanda II dan terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukit Tinggi.

Tanggal pembentukan PDRI di Bukit Tinggi, Sumatera Barat itulah yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.