UIN Raden Fatah bentuk pusat pengembangan karir

id UIN, UIN Raden Fatah

UIN Raden Fatah bentuk pusat pengembangan karir

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (Foto antarasumsel.com/Elyvon/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang menggelar temu akbar alumni sebagai upaya mempersiapkan pembentukan pusat pengembangan karier atau Carier Development Centre (CDC).

Melalui wadah pusat pengembangan karier tersebut akan menjadi lokomotif alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) agar bisa membawa dan mendapatkan karier sesuai dengan alumni lama dan yang baru, kata Rektor UIN Raden Fatah, M Sirozi di Palembang, Rabu.

Pada acara temu akbar alumni sekaligus pengukuhan Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (IKATARA) periode 2016-2020 itu, Sirozi mengatakan keberadaan wadah tersebut supaya memiliki akses dalam mencari kerja dan bermanfaat bagi almamaternya.

Hal itu karena akan ada korelasi dan sinergi bersama membangun serta merancang program-program yang bisa membantu alumni, kata Sirozi.

Menurut dia, forum tersebut cukup baik karena akan berdampak pada beberapa sisi, alumni memberikan dukungan kepada almamater untuk membantu para alumni dalam merancang program yang akan membantu siap kerja setelah selesai pendidikan.

Pada kegiatan tersebut juga ada penandatanganan surat kesepakatan dan kesepahaman (MoU) pihak kampus dengan dinas-dinas yang ada di Sumatera Selatan dan salah satunya Dinas Ketenagakerjaan, sebagai akses alumni ke dunia kerja.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua terpilih pengurus IKATARA, Agus Riansyah bahwa kerja sama itu diharapkan tidak hanya sekadar kesepakatan di atas kertas saja, melainkan dapat direalisasikan dalam keadaan nyata membantu target kampus mengenai pusat pengembangan karir.

Sementara, beberapa program utama akan dilakukan pengurus yang baru tersebut ialah kegiatan seminar dan pelatihan-pelatihan keguruan, membuat sebuah Rumah Tanfiz dijadikan tempat pusat pelatihan-pelatihan bagi guru agama maupun alumni dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itus.

Kemudian, IKATARA akan melakukan konsolidasi, melihat alumni yang tersebar di Sumsel, setidaknya nanti akan membuat cabang-cabang di kabupaten/kota, hingga IKATARA pusat nantinya menjadi fasilitasi kegiatan dan program dilaksanakan baik cabang sekalipun.