Pembangunan Tugu Belido ikon Palembang resmi dimulai

id tugu belido, csr

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan tugu belido disaksikan Direktur SDM dan Umum PT BA Suryo Eko Hadianto (baju batik) di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang, Senin (28/11). (

...Harapannya, nanti saat Asian Games tahun 2018, tugu ikan belido ini dapat dijadikan destinasi wisata unggulan Kota Palembang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan ikon Kota Palembang, Tugu Belido, resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama di kawasan Benteng Kuto Besak, Senin, oleh Wakil Wali Kota setempat dan perwakilan direktur PT Bukit Asam.
    
Tugu berbentuk ikan khas Sumatera Selatan "belida" ini akan dibangun selama sembilan bulan ke depan dengan tinggi 12 meter dan panjang 22 meter, berbahan tembaga yang dilapisi perak menggunakan dana CSR PT BA sebesar Rp3,4 miliar.
    
Direktur SDM dan Umum PT Bukit Asam Suryo Eko Hadianto mengatakan bahwa perusahaannya tertarik membangun tugu ini karena memandang pembangunan ikon Kota Palembang menjadi kebutuhan mendesak saat ini.
    
Hal ini terkait dengan peran Palembang sebagai tuan rumah ajang olahraga bergengsi tingkat Asia, Asian Games XVIII tahun 2018 dengan diikuti 54 negara peserta.
    
"Harapannya, nanti saat Asian Games tahun 2018, tugu ikan belido ini dapat dijadikan destinasi wisata unggulan Kota Palembang," kata Eko.
    
Ia mengatakan Kota Palembang yang saat ini berbenah diri untuk menyambut perhelatan Asian Games XVIII pada dua tahun mendatang sudah sepatutnya sejajar dengan kota-kota internasional di dunia.
    
Meski mencontoh Singapura dengan ikon Patung Merlion-nya namun sejatinya Tugu Ikan Belido ini memiliki karakteristik tersendiri.
    
Pemilihan ikan belido ini tak lain karena Kota Palembang identik dengan panganan berbahan ikan yakni pempek. Ikan belido yang saat ini sudah langkah dan hampir punah dikenal sangat enak jika dibuat panganan khas Palembang itu.
    
"Pembangunan tugu belido ini tak lain sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan seperti semangat perusahaan yakni berkembang bersama lingkungan," kata dia.
    
Hal ini telah dibuktikan PT BA dengan turut membangun gedung enam lantai di Mabes Polda Sumsel senilai Rp6 miliar, Gedung Convention Hall di Jakabaring dengan dana Rp150 miliar, dan perbaikan arena Stadion Lapangan Tenis Jakabaring yakni menambah delapan lapangan baru.
    
Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan pembangunan tugu belido ini sejatinya mengingatkan bahwa kota ini memiliki fauna khas sendiri yang patut dilestarikan.
    
"Saat ini ikan belido jika ingin dibuat pempek meski didatangkan dari Kalimantan. Dengan berdirinya tugu ini, diharapkan nantinya meningkatkan semangat masyarakat untuk melestarikan jenis ikan ini," kata dia.
    
Terkait pembenahan sektor pariwisata menjelang Asian Games, ia mengatakan bahwa terdapat sejumlah investor yang menyatakan ketertarikan untuk mengembangkan destinasi Sungai Musi.
    
"Sudah ada investor yang tertarik mengembangkan Pulau Kemaro dengan dana investasi sebesar Rp70 miliar," kata dia.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar