BLH harapkan kabupaten manfaatkan sampah untuk energi

id Badan Lingkungan Hidup, Lukitariati, memanfaatkan sampah, kebutuhan energi listrik, menjadi energi alternatif

BLH harapkan kabupaten manfaatkan sampah untuk energi

Ilustrasi (ANTARANews.com)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumatera Selatan, Lukitariati mengharapkan agar pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu memanfaatkan sampah untuk kebutuhan energi listrik.

Hal ini karena limbah tersebut di sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel cukup banyak, dan bisa dimanfaatkan untuk bahan energi listrik, kata Lukitariati di Palembang, Sabtu.

Pemanfaatan sampah sebagai kebutuhan energi itu karena Pemerintah Kota Palembang sudah menerapkan dan ternyata cukup berhasil, ujar dia.

Dia mengatakan, pemerintah kota telah pengelola sampah menjadi kebutuhan energi yang berlokasi di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Sukawenatan Palembang.

Tumpukan sampah yang dihasilkan dari pembuangan warga di perkotaan termasuk di sejumlah pasar dan perkantoran setelah dikumpulkan di TPA, diolah melalui Pembangkit Listrik Sampah berkapasitas 500 KW di kawasan Sukawinatan dengan menggunakan dana APBN.

Energi listrik yang dihasilkan melalui TPA itu sekarang ini minimal sudah bisa menerangi permukiman warga di kawasan Desa Sukawinatan Palembang.

Oleh karena itu pengelolaan sampah di masing-masing kabupaten/kota di Sumsel menjadi sumber energi listrik, perlu dimaksimalkan lagi supaya limbah tersebut semakin bermanfaat, kata dia.

Selain itu diharapkan juga sampah dapat dikelola menjadi kompos yang sangat bermanfaat untuk pupuk tanaman bagi keluarga dan masyarakat.

Yang jelas sampah selalu menumpuk itu harus dimanfaatkan sebaik - baiknya agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia menilai, sekarang ini jumlah produksi sampah terus bertambah seiring dengan perkembangan penduduk di masing-masing daerah, karena berdasarkan pendataan setiap orang akan menghasilkan 0,5 kilogram sampah perhati.

Oleh karena itu manfaatkan sampah tersebut dengan sebaik - sebaiknya agar lebih bermanfaat, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar