Berkraf buka Kaba Festival 3

id Kaba Festival 3, Ladang Tari Nan Jombang Padang, Nan Jombang Dance Company

Berkraf buka Kaba Festival 3

Kesenian Tradisional Minangkabau. Sejumlah bocah memainkan alat musik tradisional Minangkabau, Talempong. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Padang (Antarasumsel.com) - Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Ricky Joseph Pesik membuka kegiatan Kaba Festival 3 yang dilaksanakan di Ladang Tari Nan Jombang Padang Sumatera Barat (Sumbar), 17 sampai 19 November 2016.

Dalam sambutannya Ricky di Padang, Kamis malam (17/11), menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Kaba Festival 3 yang digagas oleh Nan Jombang Dance Company ini.

"Kami begitu mengapresiasi kegiatan ini, sebab rekam jejak Nan Jombang selaku penggagas sudah terlebih dahulu berkontribusi dalam memperkenalkan Indonesia ke mata internasional," ujarnya.

Selanjutnya ia menyatakan bahwa Bekraf akan terus berupaya untuk dapat mendukung demi kelangsungan acara ini secara berkelanjutan karena akan memberikan dampak positif bagi seluruh pihak.

"Pemerintah memang sudah seharusnya turun tangan membantu untuk berlangsungnya kegiatan ini, sebab akan berdampak pada seluruh pihak, tidak hanya seniman," katanya.

Atas terselenggaranya acara ini ia berharap nantinya bisa menghasilkan seniman-seniman yang berpengaruh di dunia dengan membawa tradisi lokal.

Menurutnya dengan semakin banyaknya seniman yang berpengaruh di dunia, maka akan semakin menarik minat masyarakat asing untuk datang ke Indonesia.

Sementara itu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumbar, Novi Chandra juga berharap agar kegiatan Kaba Festival ini dapat terus berlanjut.

"Kita berharap agar acara ini dapat terus berlanjut dan kalau bisa kegiatan serupa ini juga diadakan di tempat-tempat lain mengingat potensi seniman yang ada," katanya.

Direktur Kaba Festival Angga Djamar mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah acara pagelaran seni tradisi yang dilaksanakan dalam rangka menfasilitasi para seniman untuk menampilkan karya seni mereka dihadapan para "buyers" dan produser yang datang dari berbagai negara.

Ia menjelaskan Kaba Festival 3 nantinya akan diisi dengan penampilan oleh Metadomus (Jakarta) dan Ranah Performing Arts Company (Padang) untuk hari pertama.

Hari kedua  dilanjutkan dengan penampilan dari Ranah Performing Arts Company (Padang) dan Impessa Dance Company (Padang), sementara untuk hari terakhir diisi dengan penampilan dari SherliLAB (Padang Panjang) dan Riau Rhytm Chambers Indonesia (Pekanbaru).