Masyarakat Musi Banyuasin kembangkan budidayakan ikan hias

id ikan hias, budidayakan ikan, penunjang sumber pendapatan, Musi Banyuasin

Masyarakat Musi Banyuasin kembangkan budidayakan ikan hias

Ikan Hias (ANTARA FOTO)

Musi Banyuasin, Sumsel, (Antarasumsel.com) - Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus berupaya melakukan pengembangan budidayakan ikan hias yang digeluti dalam beberapa tahun terakhir.

"Pengembangan ikan hias memberikan manfaat yang cukup besar dan bisa dijadikan penunjang sumber pendapatan keluarga yang beberapa tahun terakhir dari perkebunan mengalami kemerosotan dan belum ada tanda-tanda akan membaik," kata Rusmin salah seorang warga Musi Banyuasin, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, ikan hias yang dibudidayakan masyarakat kabupaten ini seperti jenis Botia atau yang dikenal daerah ini ikan kecublang.

Ikan hias tersebut dipilih masyarakat sebagai salah satu jenis untuk dikembangkan karena memiliki nilai jual tinggi dan diekspor ke sejumlah negara di Eropa, katanya.

Ia menjelaskan, pengembangan budi daya ikan hias akhir-akhir ini semakin diminati masyarakat karena hasilnya sudah dirasakan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Untuk menjadikan kegiatan budi daya ikan hias lebih baik lagi, diharapkan ada pembinaan dari pemerintah kabupaten dan dukungan dana dari pihak perbankan, ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Sohan Madjid menjelaskan bahwa pihaknya berupaya membantu masyarakat melakukan pengembangan budi daya ikan hias karena kabupaten ini memiliki potensi perikanan yang cukup besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Untuk mengembangkan budi daya ikan hias itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kelautan Perikanan.

Pengembangan budi daya ikan hias tersebut akan didukung secara maksimal, karena hasilnya sudah dirasakan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta menyumbang devisa negara, ujar sekda. ***1***



(T.Y009/B/A029/A029) 16-11-2016 19:45:11