Pejabat: Pengawasan pembangunan infrastruktur harus selektif

id Yohanes H Toruan, pengawasan pembangunan, infrastruktur, jembatan, jalan

Pejabat: Pengawasan pembangunan infrastruktur harus selektif

Seorang pekerja melakukan perbaikan jalan penghubung tiga kabupaten/kota Provinsi Sumatera Selatan lokasi Simpang Tiga Metur Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim yang tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel. (Foto An

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Yohanes H Toruan mengatakan, pengawasan pembangunan infrastruktur harus dilaksanakan secara selektif agar mutunya menjadi baik dan sesuai standar.

Apalagi sekarang ini di Sumsel gencar melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur, khususnya yang terkait dengan kelancaran kegiatan Asian Games 2018, mutunya harus selalu terjaga, kata Yohanes usai membuka pelatihan pengawasan jalan dan jembatan di Palembang, Senin.

Menurut Yohanes, pembangunan yang dilaksanakan telah menjadi perhatian nasional dan internasional karena daerah ini akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018.

Jadi peran pengawasan sangat diutamakan supaya kualitas hasil pembangunan selalu terjaga sesuai standar, ujar dia.

Oleh karena itu tidak terkecuali peran pengawas baik jembatan, jalan atau prasarana perhubungan lainnya sangat dibutuhkan.

Memang, lanjut dia, jasa pengawas bukan hanya sekedar pelatihan saja, tetapi juga benar-benar dimanfaatkan untuk menjadi pengawas  yang profesional, kreatif dan berinovasi.

Menurut dia, terlebih lagi saat ini sedang mengahadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang harus mampu bersaing secara global dari segala bidang.

Meskipun belum ada aturan yang jelas dan melandasi bagaimana kreteria pembangunan jalan dan jembatan, namun pengawas harus benar-benar mengawasi secara efisien dan efektif.

Dia mencontohkan, pembangunan jalan aspal yang berlubang selama ini hanya ditimbun saja, sehingga badan jalan semakin tinggi dan mencapai trotoar serta mudah rusak.

Sehubungan itu peran pengawas pembangunan jalan dan jembatan sangat diperlukan, tambah dia.
(T.U005)