PKK OKUT ikut lomba Cipta Menu nasional

id menu, lomba menu

PKK OKUT ikut lomba Cipta Menu nasional

Tim PKK OKUT wakili Sumsel ikut lomba menu tingkat nasional (Foto antarasumsel.com/Fenny/16/Parni)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan pada lomba cipta menu makan bergizi seimbang di tingkat nasional.

"Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Ogan Komering Ulu Timur (PKK OKUT) keluar sebagai juara pada perlombaan cipta menu makanan sehat bergizi dan aman di tingkat provinsi dan akan mewakili Sumsel pada Hari Ketahanan Pangan di Jawa Tengah," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumsel, Taufik Gunawan usai mengumumkan hasil lomba di Palembang, Kamis.

Menurut Taufik, tim PKK OKU Timur dinilai paling baik dalam memenuhi kriteria pemenang dalam perlombaan tahunan ini.

Kriteria pemenang sendiri ditentukan dari beberapa kategori, antara lain nilai gizi dan keterampilan mengolah pangan menjadi lezat namun menarik.

Sementara peserta tidak diperbolehkan menggunakan bahan beras dan terigu karena perlombaan ini bertujuan untuk menciptakan alternatif pangan yang diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tim juri yang bertugas menilai pada kesempatan tersebut berasal dari ahli gizi, persatuan hotel dan restoran, serta perwakilan badan ketahanan pangan.

"Sejauh ini menu yang dihidangkan peserta cukup mengesankan dan inovatif," katanya.

Ketua kelompok kerja PKK OKU Timur, Sinta Sindang menjelaskan menu mereka sajikan hari itu mewakili pangan yang dapat dijumpai di daerah tersebut.

"Kami menyajikan bahan seperti daun talas, daun mangkokan, pisang kepok, dan tentunya jamur gerigit yang mudah dijumpai di sana," kata Sinta.

Ia menjelaskan, daun talas dan daun mangkokan diolah dalam rupa sayur pendamping dengan rasa yang sangat gurih.

Sementara jamur gerigit yang kaya protein diolah menjadi perkedel renyah dan kaya rasa.

"Tidak hanya rupa dan rasa, gizi dalam kandungan makanan turut kami pertimbangkan dalam menu ini," katanya.

Sementara untuk persiapan di tingkat nasional, PKK OKU Timur akan lebih mendalami menu Khas sumsel dari berbagai sisi termasuk gizi di dalamnya.

"Tentunya akan kami koordinasikan pemilihan menu dengan pihak terkait," katanya tanpa menyebutkan kapan pelaksanaan lomba cipta menu tingkat nasional tersebut.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar