Kemendag: Persaingan sektor jasa semakin ketat

id kesehatan,jas kesehatan, persaingan, tenaga kerja, asean, Direktur Perundingan Perdagangan Jasa Kesehatan Kementerian Perdagangan, Herliza

Kemendag: Persaingan sektor jasa semakin ketat

Sejumlah mahasiswa membentuk formasi tulisan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada deklarasi siap hadapi MEA di Lapangan Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Direktur Perundingan Perdagangan Jasa Kesehatan Kementerian Perdagangan Herliza mengatakan persaingan di sektor jasa sekarang ini semakin ketat karena asing juga bisa menawarkan jasanya ke Indonesia.

"Dengan terbukanya akses pasar tenaga kerja di negara ASEAN, persaingan semakin berat," kata dia dalam pertemuan konsultasi publik di Palembang, Kamis.

Sejatinya, menurut Herliza pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN juga memberikan peluang yang besar kepada Indonesia, termasuk di sektor jasa.

"Karena semua yang memiliki keahlian dapat berkerja di mana saja," ujar dia.

Artinya, menurut Herliza, penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN membuka peluang bagi sumber daya manusia terampil.

Agar tidak kalah bersaing, kata Herliza, mutu jasa dan kualitas sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan.

Ia mengatakan pasar bebas ASEAN memacu negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, termasuk Indonesia.