Dua jalan layang mulai dibangun di Palembang

id jembatan layang fly over, bbpjn, thomas setiabudi aden

Dua jalan layang mulai dibangun di Palembang

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III Thomas Setiabudi Aden menyampaikan progres pengerjaan pembangunan jalan dan jembatan di Sumsel pada tahun 2016 di Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua jalan layang mulai dibangun di Palembang untuk mengejar target selesai pada 2017, atau sebelum perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III, Thomas Setiabudi Aden di Palembang, Minggu, mengatakan, Fly over atau jalan layang di Simpang Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api-Api diprioritaskan pengerjaannya karena menjadi infrastruktur pendukung diselenggarakannya Asian Games 2018.

"Dua jalan layang ini diharapkan dapat memecah kemacetan yang sering terjadi di dua persimpangan tersebut, seharusnya pengerjaan dimulai sejak Maret lalu, tapi karena proses administrasinya cukup memakan waktu maka jadi molor," kata dia.

Lantaran itu, BBPJN III mengintruksikan kontraktor untuk kerja ekstra dan mengebut pembangunan sehingga pada Maret 2018 sudah bisa digunakan dengan menelan dana Rp230 miliar.

Kontraktor tersebut, PT Modern Widya Tehnical untuk fly over Simpang Bandara-Tanjung Api-Api, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk fly over Simpang Keramasan.

Sementara untuk konsultan perencana yakni PT Anugerah Kridapradana untuk kedua proyek tersebut.

"Selain membangun fly over juga akan dikerjakan Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI karena merupakan infrastruktur penujang Asian Games," kata Thomas.

Fly over Keramasan dikerjakan dengan sistem tahun jamak selama tiga tahun, di mana 300 meter pada 2016, 336 meter pada 2017 dan 14 meter pada 2018.

Sementara untuk jalan layang Simpang Bandara-Tanjung Api-Api memiliki pengerjaan yang sama dengan tiga tahun jamak, dimana pada 2016 dikerjakan 300 meter, 2017 dikerjakan 150 meter dan 2018 dengan 10,7 meter.

Sumatera Selatan gencar membangun infrastruktur transfortasi untuk menunjang tugas sebagai tuan rumah Asian Games dengan merencanakan pembangunan fly over, underpass, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan tol, dan jalur kereta api dalam kota (Light Rail Transit/LRT).***1***

(T.D019/B/M033/M033) 31-07-2016 16:29:04