Taman Purbakala Sriwijaya tambah koleksi reflika kapal Cheng Ho

id taman pubakala sriwijaya, taman purbakala, kapal cheng ho, cheng ho

Taman Purbakala Sriwijaya tambah koleksi reflika kapal Cheng Ho

Ilustrasi - Patung Muhammad Cheng Hoo (istimewa )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Karang Anyar Palembang Sumatera Selatan menambah koleksi benda sejarah berupa reflika kapal Cheng Ho.

Kapal yang melambangkan perjalanan Laksamana Cheng Ho itu peresmiannya dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Karang Anyar Palembang belum lama ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Selasa mengatakan, memang pihaknya menambah koleksi sejarah berupa reflika kapal Cheng Ho.

Keberadaan reflika kapal Cheng Ho tersebut untuk mengenang kembali perjalanan Laksamana itu ke-Sumsel yang juga mengemban misi kebudayaan selain mengembangkan ajaran agama Islam, katanya.

Cheng Ho sebagai perjalanan bersejarah terkenal dalam penjelajah ulung maritim dengan mengikutsertakan ratusan unit kapal.

Oleh karena itu perjalan Laksamana tersebut patut dikenang dengan membuat reflika kapal Cheng Ho, kata dia.

Dengan adanya reflika kapal tersebut diharapkan wisatawan semakin banyak mengunjungi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Sementara peneliti pusat penelitian Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo mengatakan, ketika Cheng Ho datang di Polimbang saat itu mengemban misi kebudayaan dan memperkenalkan Kekaisaran Ming.

Selain misi tersebut Cheng Ho juga untuk menangkap salah satu La Nun yang menguasai Palembang, tambah dia.(U005)