Dermaga penyeberangan angkutan sungai dipadati pemudik

id dermaga, penyeberangan, mudik, angkutan sungai

Dermaga penyeberangan angkutan sungai dipadati pemudik

Angkutan mudik jalur sungai Sejumlah pemudik mengikat barang bawaannya di atap perahu motor kayu di dermaga 16 Ilir Sungai musi Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/7). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dermaga angkutan sungai di kawasan 16 Ilir Bawah Jembatan Ampera Palembang, sejak beberapa hari terakhir dipadati para pemudik untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman masing-masing.

Selama masa angkutan mudik lebaran tahun ini pihak penyedia jasa transfortasi sungai menyediakan sebanyak 36 trayek guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya, kata Syarkowi, penyedia jasa angkutan sungai di Palembang, Minggu.

Ia menjelaskan, memasuki dua hari menjelang Idul Fitri yang jatuh pada 6 Juli 2016, arus mudik melalui angkutan sungai menggunakan kapal cepat atau speedboat di dermaga kawasan Pasar 16 Ilir mulai dipadati ratusan calon penumpang akan pulang ke kampung halamannya.

Sementara, lonjakan jumlah penumpang telah terjadi sejak Jumat (1/7) sekitar 80 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Namun demikian, kata dia, meski terjadi lonjakan jumlah penumpang, untuk harga tiket tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bahkan selama arus mudik lebaran ini setiap harinya penyedia jasa transfortasi sungai telah menambah sebanyak 36 trayek perjalanan guna mengantisipasi lonjakan penumapng diperkirakan mencapai 100 persen lebih dari hari biasa.

"Biasanya seperti tahun yang sudah-sudah mulai hari Minggu ini sudah ramai untuk perjalanan satu kali dengan ongkos sekitar Rp70 ribu atau belum ada kenaikan," katanya.

Ia menjelaskan, selama arus mudik lebaran tahun ini setidaknya ada 154 unit kapal cepat atau speedboat beroperasi oleh pihak penyedia jasa transfortasi sungai dengan melayani semua tujuan jalur Sungai Musi berkapasitas 7-8 penumpang per kapal.

Ia berharap, dapat memberikan kenyamanan serta lebih aman dalam perjalanan bagi para penumapang melakukan perjalanan mudik lebaran.