Lebaran 2016 - Pengusaha jasa penyewaan mobil mulai banyak pesanan

id sewa mobil, rent car, usaha penyewaan mobil panen, lebaran, mudik lebaran, sewa mobil untuk mudik

Lebaran 2016 - Pengusaha jasa penyewaan mobil mulai banyak pesanan

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Sekarang ini mulai banyak pesanan dari masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk mudik Lebaran ke sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Jawa...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengusaha jasa penyewaan mobil atau "rent car" di Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada 6 Juli 2016 mulai banyak menerima pesanan penyewaan.

"Sekarang ini mulai banyak pesanan dari masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk mudik Lebaran ke sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Jawa," kata Fadly pemilik usaha penyewaan mobil "Raffa Rent Car" di Palembang, Rabu.

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang lebaran Idulfitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak, bahkan melebihi dari jumlah kendaraan yang dimiliki.

"Sekarang ini ada 15 unit mobil jenis minibus seperti kijang Inova dan Avanza yang siap disewakan, dari jumlah itu 10 unit di antaranya sudah dipesan pemudik yang akan pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarganya," ujarnya.

Dia menjelaskan, mobil yang dipesan sebagian besar akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran pada 3 - 9 Juli 2016 dan sesuai perjanjian mobil jenis minibus itu akan dikembalikan paling cepat pada 10 Juli.

Sementara beberapa unit mobil sewaan yang hingga kini tersisa, diperkirakan dalam waktu satu atau dua hari ke depan sudah keluar dari garasi.

Mengenai tarif sewa mobil, untuk mobil jenis kijang Inova yang dibawa sendiri oleh penyewa dikenakan biaya sewa Rp400.000 per hari dan mobil Avanza atau Xenia disewakan Rp350.000 per hari, sedangkan jika penyewa membutuhkan sopir dikenakan biaya tambahan.

Biaya tambahan untuk jasa sopir pada hari biasa Rp100.000 per hari untuk dalam kota dan Rp150.000 per hari untuk perjalanan ke luar kota, namun untuk keperluan Lebaran biayanya sedikit naik berkisar Rp150.000 hingga Rp200.000 per hari, kata Fadly.

Sementara Yorry penmilik "JMS Rent Car" menambahkan, menghadapi tingginya permintaan penyewaan mobil menjelang Lebaran Idulfitri 2016 ini, pihaknya membatasi jumlah mobil yang disewakan untuk mudik lebaran.

Pembagian unit kendaraan yang disewakan khusus untuk mudik Lebaran dan untuk pelanggan yang tidak mudik dilakukan agar seluruh pelanggan dapat dilayani dengan baik.

"Kami memiliki 25 unit mobil sewaan jenis kijang Inova, Xenia, dan Avanza, sebagian mobil disewakan untuk mudik ke luar kota, dan sebagian lagi disiapkan hanya untuk disewakan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kota," ujar Yorry.