Antrean pelunasan haji di Palembang mulai sepi

id calon jamaah haji, haji, pelunasan haji, bank bri syariah

Antrean pelunasan haji di Palembang mulai sepi

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Antrean calon jamaah haji di loket pelayanan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji di sejumlah bank syariah di Kota Palembang, Sumatra Selatan mulai sepi karena sebagian besar sudah melunasinya.

Pantauan di Bank BRI Syariah Cabang Palembang, Rabu, tampak ruang tunggu di depan loket pelayanan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji hanya ada beberapa orang saja yang menunggu giliran ke loket petugas bank.

Salah seorang calon jamaah haji Ridwan saat antre di bank tersebut mengatakan dirinya berupaya memanfaatkan kesempatan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji tahap kedua hingga akhir Juni 2016 ini karena baru memiliki uang.

Secara keseluruhan biaya penyelenggaraan ibadah haji yang dibayarkan mencapai Rp34.641.304 per orang atau lebih rendah dari tahun sebelumnya, kondisi ini sedikit meringankan dirinya dan keluarga yang mendapat kesempatan berangkat pada tahun ini, katanya.

Sementara Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin menjelaskan bahwa sebagian besar calon jamaah haji yang dijadwalkan berangkat pada 2016 ini sudah melunasi sisa setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji.

Sejak dibukanya pelunasan biaya penyelengaraan ibadah haji sebulan terakhir, sekitar 4.900 lebih calon jamaah haji yang telah melunasi biaya tersebut.

Calon jamaah haji yang belum melunasi biaya perjalanan ibadah hajinya, masih diberi kesempatan untuk melunasinya hingga akhir Juni 2016.

Jatah pemberangkatan calon jamaah haji Sumsel pada 2016 ini sebanyak 5.040 orang, dengan masih dibukanya kesempatan melunasi biaya perjalanan ibadah haji diprediksi dalam beberapa hari ke depan seluruhnya telah melunasi biaya tersebut.

Setelah tahapan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji berakhir, pihaknya mulai memfokuskan persiapan tahapan pemberangkatan calon jamaah asal menuju Arab Saudi yang dijadwalkan kelompok terbang pertamanya pada Agustus.

Pemberangkatan calon jamaah haji asal Sumsel ke Tanah Suci Mekah melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bersama jamaah dari Bangka Belitung.

Pemberangkatan calon jamaah haji asal Sumsel dan Bangka Belitung melalui embarkasi Palembang dibagi dalam 13 kelompok terbang (kloter), kata dia pula.