Omset pengiriman barang naik jelang lebaran

id jasa pengiriman barang, pengiriman barang, paket, asperindo

Omset pengiriman barang naik jelang lebaran

Ilustrasi - layanan paket (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia Sumatera Selatan menyatakan optimis omset pengiriman barang naik sejak awal Ramadhan hingga menjelang Lebaran tahun ini.

Peningkatan jasa pengiriman paket sejak awal Ramadhan itu menjadikan kami optimis mampu meraup omset hingga 50 persen, atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya kisaran 30 persen, kata ketua Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia (Asperindo) Sumsel, Muhammad Daud di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, kenaikan ini didorong oleh peningkatan jumlah transaksi jual beli melalui sistem informasi dan teknologi, seperti online shop yang kini mulai menjamur di tengah masyarakat.

Di samping itu, karena banyaknya masyarakat yang ingin mengirimkan paket kepada sanak keluarga saat menjelang Idul Fitri seperti saat ini, sehingga sejumlah penyedia jasa pengiriman di Kota Palembang mengalami lonjakan permintaan cukup signifikan.

Bahkan, kata dia, peningkatan pengiriman paket ini sudah terjadi sejak minggu pertama Ramadhan, dan kini peningkatannya telah mencapai 200 persen dibandingkan kondisi normal.

Menurut Muhammad Daud, kenaikan ini juga didorong oleh peningkatan penggunaan internet dan E-Commerce dalam transaksi jual beli dan mendongkrak bembelian barang melalui pasar digital atau online shop.

Ia memprediksi, akan terjadi peningkatan omset dari tahun sebelumnya hanya kisaran 30 persen, menjadi hingga 50 persen pada dua hari menjelang lebaran, karena melihat berdasarkan perkembangan pergerakan pengiriman barang/paket saat ini terus bergulir.

"Biasanya sepuluh hari menjelang lebaran masih didominasi oleh jenis makanan yang masuk, sedangkan hasilnya biasaya dua hari menjelang Idul Fitri, dan khusus untuk parcel akan terjadi kenaikan sekitar 40-50 persen, katanya.

Sementara, mulai minggu awal puasa pengiriman paket melalui kantor Pos setempat sudah mengalami peningkatan cukup signifikan mencapai 200 persen, kata Kristian, staf peket kantor Pos Palembang menambahkan.

Ia mengatakan, perkiraan puncak pengiriman paket/barang akan berlangsung selama sepekan hingga dua hari menjelang lebaran, bahkan beberapa penyedia layanan jasa pengiriman barang di Palembang tetap buka hingga tengah malam guna memberikan pelayanan ekstra.