Wagub Sumsel bakal maju pada pemilihan gubernur

id wakil gubernur sumsel, ishak mekki, calon gubernur sumsel, pilkada sumsel, partai demokrat sumsel

Wagub Sumsel bakal maju pada pemilihan gubernur

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki bakal maju pada pemilihan gubernur/wakil gubernur tahun 2018.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Selatan Chairul S Matdiah menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pada 2 Juli 2016 nanti kader Demokrat akan mendeklarasikan pencalonan Ishak Mekki sebagai calon Gubernur Sumsel tahun 2018 di rumah salah satu kader partai di Palembang.

Ia menyatakan, meskipun pesta demokrasi lima tahunan itu masih lama digelar sekitar tiga tahun lagi, tetapi sebagian kader Partai Demokrat sudah menginginkan untuk deklarasi yang tujuannya agar mudah bergerak dan melakukan sosialisasi.

"Sebenarnya masih panjang waktunya, tetapi kader harus siap dan pada saat deklarasi nanti juga akan mengundang tim sukses yang simpati dengan Ishak Mekki," ujarnya.

Sementara mengenai partai politik untuk pencalonan nanti ia menuturkan, Partai Demokrat sudah memastikan akan memasang Ishak Mekki sebagai calon gubernur Sumsel, apalagi partai berlambang bintang mercy itu memiliki 11 kursi di DPRD Sumatera Selatan.

"Artinya kita hanya butuh dua kursi lagi untuk bisa maju sebagai calon pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel nanti, tetapi kita tetap membuka dan menjalin koalisi ke partai lain, karena semakin banyak partai koalisi semakin baik," kata Chairul yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan tersebut.

Mengenai wakil gubernur yang akan mendampingi Ishak Mekki, menurutnya, tidak harus orang partai, karena politik dewasa ini lebih melihat figur.

Yang jelas, wakilnya harus seide, siiring, siiya sekata dan tidak menelikung. Ia berharap, calon wakil gubernurnya nanti sama seperti wakil gubernur, Ishak Mekki dan gubernur, Alex Noerdin sekarang ini, katanya.