Jalan desa Batu Putih Baturaja terancam putus

id jalan longsor, longsor, jalan putus, jalan desa batu putih

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Jalan Desa Batu Putih menghubungkan Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Kabupaten OKU Selatan sejak dua hari terakhir mengalami longsor dan terancam putus total, karena musim penghujan ini sangat rawan terjadi longsor susulan.

Satu-satunya jalan yang menghubungkan Kota Baturaja dengan Kabupaten tetangga Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan berlokasi di Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, kondisinya kini sudah sangat mengkhawatirkan dan belum ada upaya perbaikan dari pihak terkait, kata pejabat sementara Kepala Desa Batu Putih, Zarkasih di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, jalan raya terletak di Kampung 2 Desa Batu Putih itu kini tinggal menyisakan setengah meter saja yang bisa dilewati kendaraan, bahkan tadi malam terjadi lagi longsor.

Sebelumnya jalan tersebut longsor di bagian kanan, karena berdampingan dengan daerah aliran sungai (DAS), kondisi serupa juga terjadi pada ruas kanan berdampingan dengan kebun warga.

Pantuan di lapangan dan keterangan sejumlah warga, jalan yang longsor itu berdampingan dengan gorong-gorong induk, kalau untuk sepeda motor dan mobil pribadi masih bisa lewat walaupun pengemudinya harus ektra hati-hati.

Menurut pejabat sementara Kepala Desa Batu Putih, Zarkasih, pihaknya sudah menyampaikan kerusakan jalan itu ke DPRD Kabupaten OKU melalui reses beberapa waktu lalu di kantor kecamatan.

Tidak hanya itu, kata dia, juga sudah menyampaikan ke Gubernur Sumsel agar perbaikan dapat segera dilakukan.

Menurut dia, pihaknya juga mewanti-wanti agar armada truk yang bermuatan tidak melintas di jalan tersebut, karena tidak menutup kemungkinan kendaraan bisa terperosok.

Terlebih lagi, sisa jalan setengah meter yang masih bisa dilewati itu, kondisinya mulai miris. Pihaknya juga berupaya memasangkan balokan panjang di atas lubang, sehingga kendaraan masih bisa lewat," kata Zarkasih.

Sementara, pejabat setempat sudah meninjau kondisi jalan tersebut, baik Camat Baturaja Barat Heryamin, maupun Kapolsek Baturaja, AKP Yuliko.

Mereka berkoordinasi dengan masyarakat untuk mengamankan daerah sekitar dan mengatur lalu lintas kendaraan, katanya.

Anggota DPRD OKU asal daerah pemilihan 2, Aaplin Ipani menyatakan harapannya agar jalan tersebut dapat segera diperbaiki.

"Kita berharap jalan tersebut segera diperbaiki, jangan sampai menunggu putus, apalagi kondisinya sekarang memprihatinkan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar