Pos Baturaja akan distribusikan 40.048 kartu keluarga sejahtera

id kantor pos, kartu keluarga sejahtera, penerima kks, pt pos

Pos Baturaja akan distribusikan 40.048 kartu keluarga sejahtera

Ilustrasi - Penerima dana PKS di Kantor Pos (Foto Antarasumsel.com/Evan/15)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - PT Pos Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, segera mendistribusikan 40.048 lembar kartu keluarga sejahtera kepada masyarakat guna membantu meringankan beban kebutuhan hidup sehari-hari.

"Kemungkinan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dilakukan dalam Minggu ini," kata Kepala Kantor Pos Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Donnirius Ibhar melalui Manager Proses Transportasi dan Antaran, Novriyono di Baturaja, Rabu.

Pendistribusian KKS dari Kementerian Sosial tersebut nantinya diserahkan langsung kepada masyarakat penerima atau diberikan melalui komunitas yang berkoordinasi dengan perangkat pemerintahan setempat.

Menurut dia, pendistribusian puluhan ribu KKS yang diterima oleh PT Pos Baturaja itu berasal dari kantor pengiriman di Surabaya dan Kudus sejak 12 April.

"Sebagian kartu sudah kami kirim ke Kantor Pos Cabang (KPC) wilayah OKU Induk, OKU Selatan dan OKU Timur. KKS yang akan didistribusikan itu merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS)" ungkapnya.

KKS merupakan salah satu program Presiden RI Jokowi untuk membantu meringankan beban masyarakat, khususnya keluarga miskin.

Pemegang KKS adalah masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah agar menerima bantuan dalam hal kesehatan dan juga pendidikan, nantinya akan diberikan SIM Card berfungsi seperti rekening bank yang bisa dipasang di telepon genggam untuk mengecek saldo.

Kartu itu juga berfungsi sebagai penanda bahwa pemegang kartu berhak menerima bantuan sosial dari pemerintah dan KKS berlaku selama lima tahun.