Kepala BKKBN pimpin delegasi Indonesia ke CPD

id Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty, kependudukan

Kepala BKKBN pimpin delegasi Indonesia ke CPD

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARASumsel) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Surya Chandra Surapaty memimpin delegasi Indonesia ke Sidang ke-49 Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan (Commission on Population and Development/CPD) di New York pada 11-15 April 2016.

Rilis yang diterima Antara, Senin, CPD, merupakan sebuah komisi fungsional yang dibentuk oleh ECOSOC (Economic and Social Council) yakni organisasi dibawah PBB yang mengurusi masalah ekonomi dan sosial.

CPD memiliki tugas utama menindaklanjuti program aksi yang diamanatkan International Conference on Population and Development (ICPD).

Selaku komisi fungsional yang membantu ECOSOC, CPD juga berfungsi melakukan pengawasan, peninjauan dan evaluasi implementasi program dalam lingkup nasional, regional maupun internasional serta memberi masukan kepada ECOSOC.

Komisi ini terdiri dari 47 negara anggota, dipilih oleh Dewan Ekonomi dan Sosial untuk jangka waktu empat tahun atas dasar distribusi geografis, yangmana untuk Asia Pasifik terdiri atas Bangladesh, RRT, Iran, Irak, Jepang, Malaysia, Mongolia, Oman, Pakistan dan Filipina.

Saat ini Indonesia sebagai observer sebelumnya Indonesia pernah menjadi anggota pada periode 2001-2013.

Sejumlah agenda sidang kali ini meliputi laporan terkait upaya memperkuat demographic evidence base untuk agenda pembangunan pasca 2015, program monitoring kependudukan dan laporan mengenai arus sumber pendanaan untuk membantu implementasi lebih jauh Program Aksi Konferensi International tentang Kependudukan dan Pembangunan, tindak lanjut Program Aksi dari Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan.

Kemudian menyampaikan pengalaman tiap negara anggota dan memberikan masukan terkait upaya nasional dalam rangka mencapai tujuan yang tertera pada PoA ICPD guna memperkuat demographic evidence base dalam agenda pembangunan pasca-2015, dan kontribusi apa yang bisa diberikan terkait tema ECOSOC dalam rangka "Mengimplementasikan agenda pembangunan pasca-2015 : Bergerak dari komitmen ke hasil".

Indonesia memberikan statement dalam sidang CPD kali ini diantaranya adalah sangat mendukung penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi (ICT) untuk mempercepat pengelolaan data sehingga mampu meningkatkan akurasi dan ketepatan waktu.