SLB Baturaja berikan pendidikan keterampilan siswa

id slb baturaja, pendidikan keterampilan, keterampilan, siswa slb, sekolah luar biasa

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memberikan pendidikan keterampilan bagi siswa didik guna mengembangkan bakat yang mereka dimiliki.

"Selain pendidikan akademik, siswa didik juga dibekali keterampilan," kata Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Supriyantoko, Selasa.

Ia menjelaskan, sejauh ini beragam keterampilan tangan sudah diproduksi oleh siswa SLB setempat, seperti hiasan dinding burung garuda yang terlihat terpajang di ruangan sekolah itu.

Selain hiasan dinding, kata dia, para siswa juga membuat miniatur kendaraan roda empat yang dibuat menggunakan bahan triplek, serta aksesoris wanita seperti gantungan kunci yang terbuat dari manik-manik.

"Dari bahan-bahan tersebut siswa merajutnya menjadi penghias kotak tisu dan sudah banyak yang terjual di pasaran," kata dia.

Menurut dia, keterampilan tangan hasil produksi siswa didampingi guru tersebut sudah dipasarkan kecuali miniatur kendaraan yang belum dilepas karena masih dalam proses pembuatannya.

"Sementara aksesoris perempuan seperti gelang, bros dan gantungan kunci setiap minggu dibawa ke Taman Kota Baturaja untuk dijual," katanya.

Ia menambahkan, pembekalan keterampilan yang diberikan kepada siswa SLB selain akademik bagi anak berkebutuhan khusus, bertujuan untuk mengembangkan bakat setelah lulus nanti.

"Namun sayangnya sejauh ini tidak banyak alumni SLB Negeri Baturaja yang menerapkannya, karena biasanya terbentur oleh sarana dan modal yang dimiliki masih minim," ujarnya.