PBK OKU akan miliki armada damkar baru

id mobil pemadam kebakaran, pbk oku, kabakaran, badan penanggulangan bahaya kebakaran

PBK OKU akan miliki armada damkar baru

Ilustrasi - unit mobil pemadam kebakaran (ANTARA FOTO)

Baturaja, 2/4 (Antara) - Kantor Badan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan memiliki armada damkar baru guna memenuhi fasilitas penunjang bagi personel dalam memadamkan api saat peristiwa kebakaran di wilayah itu.

"Tahun ini Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) mengalokasikan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk pengadaan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar)," kata Kepala Badan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) OKU, Aminelson di Baturaja, Sabtu.

Ia mengemukakan, penambahan satu unit damkar diperuntukan bagi posko di Kecamatan Lubuk Batang sebagai persiapan jika terdapat rumah warga yang terbakar dapat segera diatasi.

"Poskonya sekaligus akan didirikan karena Lubuk Batang termasuk kecamatan yang belum memiliki posko dan armada damkar," jelasnya.

Dari 13 kecamatan di wilayah itu, kata dia, tiga di antaranya yaitu Kecamatan Kedaton, Peninjauan Raya, dan Sosoh Buay Rayap yang belum memiliki posko serta mobil pemadam kebakaran ditargetkan pada 2017 nanti sudah memiliki fasilitas tersebut.

"Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan tiga unit mobil damkar bagi tiga kecamatan itu sekitar Rp4,5 miliar," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, PBK saat ini juga membutuhkan mobil tanki pemasok air sebagai sarana pendukung dalam menanggulangi bencana kebakaran di wilayah itu.

"Ini perlu dilakukan supaya pada saat terjadi musibah kebakaran, keberadaan armada damkar tidak lagi harus mengisi air jika habis cukup diisi dengan mobil pemasok itu," ujarnya.