Sumsel butuh angkutan batu bara melalui sungai

id batu bara, angkutan batu bara, truk, jalan, macet, lalulintas, sungai, ponton, kapal, sungai musi

Sumsel butuh angkutan batu bara melalui sungai

Ilustrasi- Alur pelayaran kapal di Sungai Musi (Foto Antarasumsel.com/M. Deden Baihaqi/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) -     Kepala UPTB Penataan Ruang Bappeda Sumatera Selatan Regina Ariyanti mengatakan daerah ini membutuhkan angkutan batu bara melalui alur sungai guna mengurai kemacetan lalulintas jalur darat selama ini.  

Oleh karena itu, Pemprov Sumsel terus mendorong angkutan batu bara melalui jalur sungai tersebut dan sudah beberapa kali melaksanakan rapat untuk mengoptimalkan angkutan batu bara tersebut, katanya di Palembang, Jumat.

"Sudah sering pembahasan rencana pengelolaan alur sungai Musi, sesuai dengan MoU tahun lalu," katanya.

Ia mengatakan PT Pelindo II sekarang ini sedang melakukan tahap proses studi kelayakan dan Amdal untuk rencana tersebut. Mudah- mudahan pada 2016 ini selesai dan tahun depan baru dikerjakan karena target rampung pada 2018.

Angkutan batu bara melalui sungai tersebut nantinya sampai ke kawasan Tanjung Api Api, Sumsel, sehingga dengan adanya angkutan batu bara melalui sungai itu diharapkan produk tambang di daerah ini semakin meningkat, kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertambangan Sumsel Robert Heri mengatakan, memang angkutan melalui sungai tersebut lebih efisien selain untuk mengantisipasi kemacetan jalur lalulintas di Sumsel, khususnya di Kota Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan.